SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Pada Kelas X Semester 1 di SMK Shalahuddin Malang

Mochammad Ilyas Al Rochim

Abstrak


ABSTRAK

 

Al Rochim, Mochammad Ilyas. 2012. Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Pada Kelas X Semester 1 Di SMK Shalahuddin Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mu’arifin, M.Pd (2) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M. Pd.

 

Kata kunci: Pengembangan, Buku Ajar, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Buku ajar pendidikan jasmani merupakan salah satu bentuk sumber belajar. Buku ajar merupakan salah satu media yang memiliki kelebihan, merupakan buku tertulis, ringan dan dapat dibaca di mana saja. Buku teks dapat berfungsi untuk memperlancar pembelajaran. Aspek kognitif yang termasuk tujuan diajarkannya pendidikan jasmani didapat melalui membaca dan memahami buku teks pendidikan jasmani sehingga pengetahuan siswa akan meningkat. Aspek afektif merupakan perkembangan sikap siswa setelah mempelajari buku teks. Aspek psikomotorik berupa gerakan yang diperoleh dari aplikasi pemahaman isi dari buku teks yaitu gerakan yang ada dalam buku teks.

Berdasarkan identifikasi masalah menggunakan instrumen kuesioner dapat diambil kesimpulan bahwa belum ada pengembangan buku ajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan kelas X semester 1 di SMK Shalahuddin Malang yang dapat membantu dan mempermudah dalam proses pembelajaran.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran pendidikan jasmani yang baik didukung berbagai aspek diantaranya kognitif yang didapat dari membaca serta memahami buku teks pendidikan jasmani. Karena buku ajar tersebut belum tersedia dan belum dikembangkan, maka diperlukan pengembangan buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan kelas X di SMK Shalahuddin Malang yang dapat membantu dan mempermudah dalam proses pembelajaran.

Tujuan pengembangan yang ingin dicapai yaitu mengembangkan buku ajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan kelas X semester 1 di SMK Shalahuddin Malang. Metode pengembangan dalam penelitian ini adalah Research and Development model pengembangan dari sepuluh langkah penelitian pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan adalah sebagai berikut: (1) riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan (need assesment) dengan angket yang ditujukan kepada 30 siswa dan 1 guru pendidikan jasmani, serta observasi sekolah, (2) pengembangan rancangan produk awal, (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani, 1 ahli media pendidikan jasmani, 1 guru pendidikan jasmani dan uji coba kelompok kecil (6 subjek) yang menghasilkan produk awal, (4) revisi rancangan produk berdasarkan evaluasi para ahli, (5) uji coba lapangan pada kelompok besar, (6) revisi produk akhir (hasil uji coba lapangan pada kelompok besar), (7) produk akhir berupa buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.

Pengumpulan data untuk data evaluasi ahli berupa kuesioner untuk : (1) satu guru pendidikan jasmani dan (2) dua orang ahli media. Untuk mendapatkan data uji coba kelompok kecil subyeknya 6 siswa dan uji coba kelompok besar subyeknya 30 siswa, peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa instrumen yang disajikan dalam bentuk kuesioner / angket. Pada pengembangan pengisian kuesioner teknik yang digunakan untuk mengolah data hasil penelitian adalah teknik persentase.

Hasil penelitian pengembangan buku ajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan kelas X semester 1 di SMK Shalahuddin Malang diperoleh hasil sebagai berikut: (1) guru pendidikan jasmani SMK Shalahuddin Malang yaitu 75,3% (cukup valid). (2) ahli media yaitu 72,9 % (cukup valid), (3) uji coba tahap I (kelompok kecil) yaitu 88,5% (valid) dan (4) uji coba tahap II (kelompok besar) yaitu 85,9% (valid).

Kesimpulan dari penelitian pengembangan buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan kelas X semester 1 di SMK Shalahuddin adalah buku ajar pendidikan jasmani kelas X di SMK Shalahuddin yang terdiri dari (1) bagian awal yaitu (a) cover buku, (b) kata pengantar, (c) daftar isi, (d) daftar gambar, (e) spesifikasi buku. (2) bagian isi yaitu (a) bab I Permainan Sepak Bola, (b) bab II Permainan Bola Basket, (c) bab III Lari Jarak Pendek, (d) bab IV Bela Diri, (e) bab V Kebugaran Jasmani, (f) bab VI Senam Lantai, (g) bab VII Aktivitas luar kelas, dan (h) bab VIII Narkoba dan Penyalahgunaannya. (3) bagian akhir yaitu (a) kunci jawaban soal, (b) Daftar Rujukan, (c) Lampiran Buku.