SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Program Usaha Kesehatan Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Bertaraf Internasional Tlogowaru Malang Periode 2011-2012 Dengan Pendekatan Evaluasi Model CIPP

masruuhin .

Abstrak


ABSTRAK

 

Masruuhin. 2012. Evaluasi Program Usaha Kesehatan Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Bertaraf Internasional Tlogowaru Malang Periode 2011-2012 Dengan Pendekatan Evaluasi Model CIPP. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: Dr. Asim, M. Pd. Pembimbing II: Drs. Mahmud Yunus, M. Kes.

 

Kata Kunci: program UKS, SDNBI Tlogowaru, evaluasi, CIPP

UKS adalah suatu program usaha kesehatan yang dijalankan di sekolah untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sehingga dapat memaksimalkan potensi dan prestasi anak untuk belajar. Tujuan utama program UKS adalah melatih siswa untuk berperilaku hidup sehat sehingga anak dapat tumbuh kembang secara optimal.

SDNBI Tlogowaru merupakan sekolah  modern,  megah, dan terluas di Propinsi Jawa Timur yang terletak di kawasan Malang International Education Park (MIEP). Sekolah ini dilengkapi dengan halaman yang luas dengan pepohonan rindang, dikelilingi sungai dalam area sekolah, kebun sayur, kebun buah, kolam renang modern dengan filter yang menjamin airnya bersih dan sehat. Selain itu, sekolah ini memiliki program unggulan seperti UKS-Plus.

Sampai saat ini belum pernah diadakan penelitian evaluasi program UKS di SDNBI Tlogowaru dengan pendekatan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) sehingga belum diketahui tingkat keidealan masing-masing komponen program UKS. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan evaluasi program UKS di SDNBI Tlogowaru dengan pendekatan model evaluasi CIPP.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengevaluasi serangkaian kegiatan program UKS dalam bidang pendidikan kesehatan, bidang pelayanan kesehatan, dan bidang pembinaan lingkungan sekolah sehat dengan pendekatan model evaluasi CIPP serta menghasilkan rekomendasi bagi para pengambil keputusan untuk menidaklanjuti program UKS yang sedang atau telah berjalan tersebut.

Penelitian evaluasi program UKS ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen wawancara terstruktur, checklist dokumentasi, dan checklist observasi. Untuk menjaga keabsahan data, maka dilakukan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap mereduksi data, display data, menyimpulkan dan verifikasi data, dan melakukan penilaian tingkat keidealan program UKS dengan pendekatan evaluasi model CIPP.

Hasil penelitian ini menyatakan sebagai berikut: Pertama, pada variabel context pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat program UKS di SDNBI Tlogowaru periode 2011-2012 berada pada tingkat ideal. Kedua, pada variabel input pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat program UKS di SDNBI Tlogowaru periode 2011-2012 berada pada tingkat ideal. Ketiga, pada variabel process pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat program UKS di SDNBI Tlogowaru periode 2011-2012 berada pada tingkat ideal. Keempat, pada variabel product pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat program UKS di SDNBI Tlogowaru periode 2011-2012 berada pada tingkat ideal.

Berdasarkan hasil data tersebut, maka dapat diputuskan bahwa secara keseluruhan program UKS di SDNBI Tlogowaru periode 2011-2012 berada pada tingkat ideal.

Rekomendasi berdasarkan hasil penelitian ini adalah mengulangi program UKS di SDNBI Tlogowaru pada periode berikutnya karena program tersebut berhasil dengan baik dan melaksanakan program UKS di tempat lainnya seperti SD, SD Luar Biasa, SDBI, Madrasah Ibtidaiyah serta Satuan Pendidikan Keagamaan yang sederajat lainnya agar siswa dapat meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatannya, serta menciptakan lingkungan sekolah yang sehat sehingga memungkinkan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.