SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Meningkatkan Kemenarikan Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli Dengan Metode Bermain Pada Siswa Kelas V SDN Jimbaran II Kecamatan Puspo

MOHAMMAD SAHLAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Sahlan, Mohammad. 2012. “Upaya Meningkatkan Kemenarikan Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli Dengan Metode Bermain Pada Siswa Kelas V SDN Jimbaran II Kecamatan Puspo”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lokananta Teguh HW, M.Kes., (II) Drs. Mardianto, M.Kes.

 

Kata kunci: Metode bermain, kemenarikan, pembelajaran passing bolavoli.

Bolavoli merupakan salah satu cabang olahraga yang diajarkan di sekolah dasar. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan diperoleh informasi bahwa masih banyak siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan di SDN Jimbaran II Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan masih sering menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan materi dan modelling untuk memberikan contoh kepada siswa. Peneliti menyadari adanya perbedaan tingkat pemahaman dan tingkat penerapan informasi pada setiap siswa yang nantinya akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model-model permainan. Salah satu ciri pembelajaran dengan menggunakan model-model permainan adalah siswa senang dan banyak bergerak. Dengan proses pembelajaran tersebut siswa diharapkan dapat lebih aktif, senang, dan semangat dalam pembelajaran passing bolvoli sehingga hasil belajar meningkat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran passing bolavoli kelas V SDN Jimbaran II Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan dengan model-model permainan. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan 4 tahap yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti, ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani, guru Pendidikan Jasmani lain dan siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, persentase siswa 56%  atau 14 siswa yang tidak aktif,  60% atau 15 siswa yang tidak semangat, 52% atau 13 siswa tidak menarik pada pembelajaran. Pada siklus 2 siswa yang tidak aktif turun menjadi 4% atau 1 siswa, yang tidak senang pada pembelajaran turun menjadi 4% atau 1 siswa, dan untuk persentase siswa semangat pada pembelajaran turun menjadi 4% atau 1 siswa. Sehingga siswa mengalami peningkatan dalam aspek keaktifan, kesenangan, dan semangat dalam mengikuti pembelajaran.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model-model permainan dan variasi pembelajaran yang diberikan oleh guru dalam penelitian ini dapat meningkatkan kemenarikan siswa dalam pembelajaran passing bolavoli pada kelas V SDN Jimbaran II Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan.