SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Meningkatkan Keaktifan Ranah Afektif Siswa dalam Pembelajaran Dasar Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas IV SDN Gondangrejo Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan

MOCHAMAD FAUZI

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Mochamad Fauzi 2012. ”Upaya Meningkatkan Keaktifan Ranah Afektif Siswa dalam Pembelajaran Dasar Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas IV SDN Gondangrejo Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mu’arifin, M.Pd, (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata kunci: Keaktifan, Lompat, Pembelajaran Bermain.

 

Olahraga atletik adalah olahraga yang diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Lompat jauh adalah salah satu nomer lompat dari cabang atletik. Dengan melalui pembelajaran lompat jauh, diharapkan siswa lebih aktif, semangat, senang dan tekun. Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa keaktifan ranah afektif siswa pada pembelajaran lompat jauh di SD Negeri Gondangrejo Kecamatan Gondangwetan masih belum tercapai. Siswa masih banyak yang tidak aktif, semangat, senang dan tekun di dalam pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan ranah afektif siswa dalam pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan pendekatan bermain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah, lembar observasi, dokumentasi dan catatan lapangan.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), melalui PTK ini bertujuan untuk memperbaiki dalam pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan bermain. Dengan menggunakan pendekatan bermain keaktifan siswa dapat ditingkatkan keaktifannya dalam pembelajaran. Hal ini sangat penting mengingat tidak semua siswa menyenangi olahraga atletik (lompat jauh). Dalam merencanakan tindakan peneliti berkolaborasi dengan guru lain yang berlangsung selama 2 siklus.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas IV SD Negeri Gondangrejo mengalami peningkatan. Dari hasil tindakan siklus 1 dari indikator aktif dalam pembelajaran 72,63% mengalami peningkatan sebesar 15,79% sehingga menjadi 88,42%, indikator semangat dalam pembelajaran 68,42% mengalami peningkatan sebesar 10% sehingga menjadi 78,42%, indikator senang dalam pembelajaran 75,26% mengalami peningkatan 8,95% sehingga menjadi 84,21%, indikator tekun dalam pembelajaran 70% mengalami peningkatan 10,52% sehingga menjadi 80,52%, Pada siklus 2 rata-rata mengalami peningkatan 11,32% dari 71,57% menjadi 82,89% dengan kategori cukup menjadi kategori baik.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lompat jauh dengan melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan keaktifan ranah afektif siswa kelas IV SD Negeri Gondangrejo Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan.