SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ranah Afektif Gerak Dasar Lari dengan Menggunakan Metode Bermain pada Siswa Kelas III SD Negeri Kronto I Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan

koerul iksan

Abstrak


ABSTRAK

 

Iksan, Koerul. 2011. Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ranah Afektif Gerak Dasar Lari dengan Menggunakan Metode Bermain pada Siswa Kelas  III SD Negeri Kronto I  Kecamatan Lumbang Kabupaten  Pasuruan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S, (II) Drs. Mu’arifin, M.Pd.

 

Kata Kunci: efektivitas, lari dan bermain.

Pembelajaran pendidikan jasmani, kesehatan dan olahraga di kelas III SDN Kronto I Kec. Lumbang pada materi gerak dasar lari, guru mendemonstrasikan gerakan lari secara menyeluruh, guru tidak mengajak siswa untuk memberikan materi pembelajaran secara bertahap dan langsung mempraktikkan gerak dasar lari tanpa penjelasan lebih dahulu dan bertahap. Berdasarkan pengamatan peneliti sebagai guru penjaskes kelas III, bahwa berdasarkan hasil penilaian materi lari dapat dikatakan kurang baik, dari 30 siswa, hanya 9 siswa yang melakukan gerak dasar lari dengan benar, sedangkan 21 anak (65%) tidak dapat melakukan gerakan lari dengan gerakan baik.

Melihat hasil permasalahan tersebut di atas maka perlu adanya pembaharuan dalam menerapkan metode pembelajaran ketika menyampaikan materi lari yaitu dengan penerapan metode bermain, guna menyikapi permasalahan yang ada supaya siswa dalam menerima dan melakukan pembelajaran tersebut tidak merasa bosan dan jenuh. Dengan memperhatikan unsur-unsur bermain dalam pembelajaran bertujuan agar pembelajaran dapat berhasil sesuai dengan tujuannya. Namun substansi pokok berupa aspek psikomotor dan aspek afeksi tetap terkandung di dalamnya.

Penelitian dilaksanakan di kelas III SDN Kronto I Kec. Lumbang Kab. Pasuruan dengan subyek penelitian 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui siklus sebanyak dua siklus. Setiap siklus penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, dokumentasi, tes dan catatan lapangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran ranah afektif gerak dasar lari menggunakan metode bermain mengalami peningkatan. Hasil tindakan siklus 1 dari) kedisiplinan sebesar 72,6%, 2) semangat pada bermain sebesar 78,0%, 3) percaya diri dalam pembelajaran sebesar 85,3%. Hasil tindakan siklus 2 dari kedisiplinan dalam pembelajaran sebesar 86,0%, 2) semangat dari pada bermain sebesar 87,3%, 3) percaya diri dalam pembelajaran sebesar 85,3%.

Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran ranah afektif gerak dasar lari pada siswa kelas III SDN Kronto I Kec. Lumbang Kab. Pasuruan. Saran yang perlu disampaikan kaitannya dengan hasil penelitian ini adalah metode bermain dapat dijadikan alternatif pilihan dalam pembelajaran lari.