SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Efektivitas pada Ranah Afektif dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lari Gawang Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tambakrejo, Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan dengan Metode Bermain Lari Rintangan

cahyono .

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyono, 2012. Peningkatan Efektivitas pada Ranah Afektif dalam  Pembelajaran Gerak Dasar Lari Gawang Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tambakrejo, Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan dengan Metode Bermain Lari Rintangan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mulyani Surendra, M.S. (II) Drs. Mu’arifin, M.Pd,

 

Kata kunci: efektivitas, afektif, bermain, lari gawang, lari rintangan.

Dalam setiap kurikulum di Indonesia atletik merupakan materi yang harus diajarkan di setiap sekolah. Atletik merupakan dasar gerak dari semua cabang olahraga, serta banyak nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Atletik merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan sarana untuk mendidik siswa agar siswa dikemudian hari bisa mengatasi segala tantangan dalam kehidupan.

Lari gawang salah satu nomor lari cepat yang memerlukan ketangkasan, kekuatan, kelentukan, dan koordinasi gerak, untuk mencapai keadaan seperti itu perlu adanya suatu latihan. Kadang dalam latihan siswa kurang percaya diri, kurang semangat, dan kurang disiplin. Guru sebagai insan pendidik yang harus selalu mempunyai solusi untuk mengambil suatu tindakan. Lari rintangan merupakan  salah satu tindakan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilaksanakan guru untuk meningkatkan derajat kesegaran jasmani siswa. Dengan lari rintangan ini siswa diajak untuk bergerak tanpa adanya paksaan untuk melakukan.

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan efektivitas ranah afektif siswa kelas IV  SDN Tambakrejo Kecamatan Pasrepan pada pembelajaran gerak dasar lari gawang. Dalam usaha meningkatkan efektivitas, masing-masing indikatornya harus diperhatikan dalam memberikan penilaian sesuai dengan pengamatan pada siswa untuk mengetahui keberhasilan dalam memberi tindakan kepada siswa.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui siklus dengan dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tambakrejo Kecamatan Pasrepan  Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan), dokumentasi, tes, dan catatan lapangan.

Dalam tindakan pembelajaran lari gawang dengan pendekatan lari rintangan, peneliti memperoleh data akhir adanya peningkatan efektivitas pembelajaran. Dari data terakhir diperoleh data sebagai berikut: untuk aspek disiplin 87.7%, aspek percaya diri 88.3%, aspek semangat 88.3%, dan aspek psikomotorik 93,3%. Dari data di atas nilai persentase keberhasilan efektivitas pembelajaran telah mencapai nilai kriteria ketetapan minimum  yang ditetapkan oleh lembaga.