SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan Sebagai Latihan Pemanasan dalam Pembelajaran Lempar Cakram di SMP Negeri I Jambon Kabupaten Ponorogo

Lutfie Yonat Pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratama, Lutfie Yonat. 2012. Pengembangan Permainan Sebagai Latihan Pemanasan dalam Pembelajaran Lempar Cakram di SMP Negeri I Jambon Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mulyani Surendra, M.S, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: model-model permainan, lempar cakram

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti dengan guru pendidikan jasmani dan siswa SMP Negeri I Jambon Kabupaten Ponorogo, pembelajaran lempar cakram yang dilakukan belum pernah menggunakan model-model permainan untuk pemanasannya. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) didapatkan hasil dari 1 guru pengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, bahwa siswa kurang menyukai pembelajaran lempar cakram. Sementara itu, 87,5% siswa menyatakan tidak menyukai pemanasan yang diberikan guru pendidikan jasmani dan 79,17% siswa belum pernah memperoleh pemanasan dengan menggunakan permainan.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan model-model permainan untuk pemanasan dalam pembelajaran lempar cakram. Diharapkan, pengembangan ini dapat mempersiapkan siswa untuk kegiatan selanjutnya yang lebih berat dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri I Jambon Kabupaten Ponorogo ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development).

Langkah-langkah pengembangan yang digunakan oleh peneliti antara lain riset dan pengumpulan data, membuat rancangan produk, evaluasi para ahli, uji coba kelompok kecil, revisi produk awal, uji lapangan atau uji coba kelompok besar, revisi produk akhir, hasil akhir produk pengembangan. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

Produk awal telah dijustifikasi oleh ahli pendidikan jasmani, ahli atletik dan ahli permainan yang hasil akhirnya menunjukkan bahwa model-model permainan sebagai latihan pemanasan ini dapat diuji cobakan. Dari hasil uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 16 siswa diperoleh persentase 86,48% , dan pada uji tahap II (kelompok besar) dengan menggunakan 32 siswa diperoleh persentase 85,82% sehingga model-model permainan sebagai latihan pemanasan dalam pembelajaran lempar cakram di SMP Negeri I Jambon Kabupaten Ponorogodapat digunakan.