SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Lempar Lembing Menggunakan Lembing Modifikasi pada Siswa Kelas IV dan V SD Negeri 4 Ngadirenggo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek

muhammad ashom suryaning projo

Abstrak


ABSTRAK

 

Projo, Suryaning, Moh. Ashom. 2012. Pengembangan Pembelajaran Lempar Lembing Menggunakan Lembing Modifikasi pada Siswa Kelas IV dan V SD Negeri 4 Ngadirenggo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Asim, M.Pd  (II) Drs. Mardianto, M. Kes.

 

Kata Kunci: lembing modifikasi, pembelajaran lempar lembing.

 

Salah satu cabang atletik yang diajarkan di SDN Ngadirenggo 4 adalah lempar lembing. Teknik lempar lembing yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani adalah gaya menyilang menggunakan lembing berbahan bambu. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SD Negeri 4 Ngadirenggo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek pada tanggal 03 Oktober 2011, bahwa perlu adanya pengembangan pembelajaran lempar lembing menggunakan lembing modifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan pembelajaran lempar lembing menggunakan lembing modifikasi pada siswa kelas IV dan V di SD Negeri Ngadirenggo 4.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development dari Borg dan Gall (1983:775). Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan pembelajaran menggunakan lembing modifikasi adalah sebagai berikut: (1) analisis kebutuhan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk awal berdasarkan evaluasi para ahli dan kegiatan uji coba kelompok kecil, (6) uji coba kelompok besar , dan (7) revisi produk akhir.

Spesifikasi  produk  berupa model pembelajaran : alokasi waktu 70 menit, pembelajaran berorentasi pada permainan, pembelajaran memberi rasa senang dan menarik bagi siswa, pembelajaran menggunakan lembing modifikasi, melempar lembing modifikasi ke arah holahop, melempar lembing modifikasi melewati tali, melempar lembing modifikasi ke arah holahop yang digantung, melempar lembing modifikasi.

Spesifikasi produk berupa lembing modifikasi : Panjang total lembing 125 cm Berat total lembing 280 gram, badan lembing terbuat dari pipa paralon, panjang 110 cm, diameter 2,5 cm, mata lembing runcing terbuat dari kayu, panjang 15 cm, diameter 3 cm, pegangan lembing terbuat dari lilitan benang wol, panjang 10 cm, diameter pegangan 3 cm, jarak dari ujung 65 cm, jarak dari katub 60 cm, Baling-baling berjumlah 4, terbuat dari plastik bekas botol oli, panjang 10 cm, tinggi 8 cm.

Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil  dan uji coba kelompok besar, pengembangan pembelajaran lempar lembing menggunakan lembing modifikasi dinyatakan dapat digunakan.