SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Permainan Tradisional terhadap Prestasi Lari Jarak Pendek bagi Siswa Kelas V.A SD Negeri 3 Ngantru Kabupaten Trenggalek

satria nahreka frasurya

Abstrak


ABSTRAK

 

Frasurya, Satria N. 2012. Pengaruh Latihan Permainan Tradisional terhadap Prestasi Lari Jarak Pendek bagi Siswa  Kelas V.A SD Negeri 3 Ngantru Kabupaten Trenggalek. Skripsi, Jurusan S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Oni Bagus Januarto, M. Kes (II) Dra. Sulistyorini, M. Pd.

 

Kata kunci: Latihan Permainan Tradisional, Prestasi Lari Jarak Pendek.

Memiliki prestasi yang membanggakan merupakan harapan setiap siswa. Dan untuk mencapai kesuksesan dalam belajar, tidak hanya siswa yang menjadi faktor kesuksesan dalam belajar tersebut, tetapi guru juga harus memberikan metode-metode pembelajaran yang menarik, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Penelitian ini membahas tentang pengaruh latihan permainan tradisional terhadap prestasi lari jarak pendek yang telah dicapai oleh siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh latihan bentuk-bentuk permainan tradisional secara parsial terhadap prestasi lari jarak pendek. Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Ngantru Trenggalek. Populasi penelitian ini berjumlah 80 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sample. Sedangkan metode analisisnya menggunakan analisis uji-t amatan ulangan dan uji signifikansi.

Berdasarkan hasil analisis data menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara latihan bentuk-bentuk permainan terhadap prestasi prestasi lari jarak pendek siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Dari hasil analisis menunjukkan hasil   dan  = 1,665 dengan probabilitas (0,000) < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa t- hitung masih lebih besar dari t-tabel. Dengan demikian perhitungan uji-t pada kelas VA (kelas eksperimen) adalah sangat signifikan.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah “Ada pengaruh yang signifikan antara latihan bentuk-bentuk permainan tradisional terhadap prestasi lari jarak pendek bagi siswa  kelas V.A SD Negeri 3 Ngantru Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2011/2012”. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah; (1) dianjurkan kepada para pembina olahraga untuk diterapkan atau dijadikan acuan oleh para guru pendidikan jasmani kepada siswa-siswanya, bilamana ada kejuaraan-kejuaraan olahraga di tingkat sekolah, (2) latihan bentuk-bentuk permainan tradisional dapat dijadikan alternatif pilihan dalam memilih dan menentukan bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan prestasi lari jarak pendek yang diberikan oleh guru pendidikan jasmani kepada siswa-siswanya, (3) diharapkan citra permainan tradisional dapat sejajar dengan olahraga yang lain, seperti permainan Hitam hijau, Berebut baret/Kopiah, dan Lari Sambung,bakul pada Kepala dapat lebih memasyarakat, dan pada akhirnya dapat memperkokoh serta meningkatkan rasa kebanggaan nasional.