SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Panduan Bermain Untuk Pembelajaran Motorik Kasar, motorik halus Dan Kognitif Anak Usia Dini Di Paud Anggrek Kelurahan Tunjung Sekar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

Muhammad Luthfi Hardianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Hardianto, M. Luthfi. 2012. Pengembangan Buku Panduan Bermain Untuk Pembelajaran Motorik Kasar, motorik halus Dan Kognitif Anak Usia Dini Di Paud Anggrek Kelurahan Tunjung Sekar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sulistyorini, M.Pd (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, buku panduan, bermain, pembelajaran, motorik kasar, motorik halus, kognitif, anak usia dini, PAUD

Pada umumnya, anak yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak belum memiliki kemampuan motorik kasar yang baik seperti anak yang sudah duduk di bangku sekolah dasar. Dengan demikian untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar yang berfungsi untuk menjaga kestabilan dan kordinasi gerak yang bagus perlu dilatih melalui sebuah permainan yang tertata, terarah dan terencana sesuai dengan tahapan perkembangan anak dalam sebuah pembelajaran.

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan oleh peneliti yang berupa pengamatan dan penyebaran angket oleh 4 Guru Paud Anggrek Kelurahan Tunjung Sekar kota Malang ditemukan beberapa permasalahan yang dihadapi yaitu kurangnya sumber belajar yang menekankan pada aspek kognitif dan motorik anak didik. Mencermati dari kondisi diatas, pastinya sangat tepat sekali apabila media belajar yang dibuat adalah berupa buku permainan. Media pembelajaran merupakan salah satu bagian yang termasuk dalam proses pembelajaran. Dengan adanya media ini diharapkan Guru Paud dapat memberikan pengajaran secara maksimal melalui sebuah permainan modifikasi, sehingga hasil pembelajarannya kelak dapat mengembangkan kognitif dan motorik anak usia dini.

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan sumber belajar yang berupa buku panduan pembelajaran permainan modikasi olahraga yang menekankan pada aspek kognitif dan motorik anak usia dini di PAUD Anggrek Kelurahan Tunjung Sekar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Tempat penelitian dilakukan di PAUD Anggrek Kelurahan Tunjung Sekar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Subjek uji coba  terdiri dari (1) analisis kebutuhan 4 guru PAUD Anggrek Kelurahan Tunjung Sekar, (2) Tinjauan ahli, terdiri dari 3 ahli yaitu ahli permainan, ahli media, dan ahli Pembelajaran PAUD, (3) uji coba kelompok kecil yaitu 3 guru PAUD dengan 4 siswa PAUD, (4) uji coba kelompok besar yaitu 10 guru PAUD dengan 30 siswa PAUD Anggrek Kelurahan Tunjung Sekar.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan prosedural dan mengacu pada pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg & Gall. Model prosedural adalah model pengembangan yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Produk yang dikembangkan yaitu berupa buku pengembangan permainan modifikasi olahrga anak usia dini. Langkah-langkah rancangan tersebut adalah sebagai berikut: (1) Melakukan analisis  kebutuhan berupa wawancara dan pengisian angket, (2) Pembuatan produk awal berupa buku panduan, (3) Revisi produk awal  yang telah diperiksa oleh ahli pembelajaran, ahli permainan dan ahli media, (4) U ji coba produk (kelompok kecil) 3 guru PAUD dengan 6 siswa, (5) Revisi Tahap II, (6) Uji coba kelompok besar 10 guru PAUD dengan 30 siswa, (7) Revisi produk akhir dan laporan hasil produk.

Berdasarkan hasil penelitian analisis kebutuhan, uji coba produk awal, tinjauan ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar yang dilakukan maka diperoleh data-data. Data tersebut dikumpulkan dan diolah sedemokian rupa sehingga dihasilkan sebuah produk yaitu berupa Buku Panduan Bermain Untuk Pembelajaran Motorik Kasar, motorik halus Dan Kognitif Anak Usia Dini. Buku tersebut dapat digunakan sebagai buku ajar, dan sesuai untuk anak didik di Paud Anggrek Kelurahan Tunjung Sekar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.