SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

survei kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) wasit futsal PSSI kota malang

firdauz arthadana

Abstrak


ABSTRAK

 

Arthadana, Firdauz. 2012. Survei Kapasitas Oksigen Maksimal (VO2 Maks) Wasit Futsal PSSI Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mahmud Yunus, M.Kes (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd

 

Kata kunci: Kapasitas Oksigen Maksimal (VO2 Maks), Wasit Futsal

Wasit futsal merupakan seorang pemimpin di lapangan yang mempunyai kemampuan untuk memimpin pertandingan dan melaksanakan tugasnya secara baik, sesuai dengan profesinya dalam memimpin suatu pertandingan. Pentingnya unsur VO2 maksimal seorang wasit terhadap pencapaian kesuksesan dan prestasi wasit dalam memimpin pertandingan suatu turnamen atau kompetisi maka perlu dilakukan pemeriksaan terhadap tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) wasit. Berangkat dari latar belakang masalah seperti yang telah diuraikan, maka peneliti akan mengkaji tentang kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) Wasit Futsal PSSI Kota Malang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Kapasitas Oksigen Maksimal (VO2 Maks). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei tes lapangan. Tes yang digunakan adalah Tes Multitahap (Multistage Fitness Test). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei tes lapangan untuk wasit Futsal PSSI Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah 23 Wasit.

Data dari hasil tes lari multitahap (Multistage Fitness Test ) pada hari selasa tanggal 8 Mei 2012 di Lapangan futsal Sidomoro yaitu terdapat 8 wasit menempuh level (11- 13), 12 wasit menempuh level (8-11), 3 wasit menempuh level (6-8). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dianalisis menggunakan table prediksi VO2 maks lari multitahap (Multistage Fitness Test ) dilanjutkan pada kategori kesegaran jasmani kemudian diolah dengan menggunakan persentase dan diperoleh data penelitian tes lari multitahap terdapat 23 wasit futsal PSSI Kota Malang yang terbagi 8 wasit (35%) dengan kategori baik sekali, 12 wasit (52%) dengan kategori baik, 3 wasit (13%) dengan kategori sedang dan tidak terdapat wasit atau (0%) yang berkategori kurang maupun kurang sekali. Berdasarkan tes lari multitahap (Multistage Fitness Test ) yang dilakukan oleh wasit futsal PSSI Kota Malang pada kategori baik, dengan rata-rata VO2 maks sebesar 48,62.

Oleh karena itu disarankan kepada komisi wasit Futsal PSSI Kota Malang agar mengetahui tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) para wasitnya sebagai kelayakan menjadi seorang wasit futsal dan untuk meningkatkan (VO2 maks) para wasit sehingga dapat mencapai standar (VO2 maks) pemain futsal atau minimal mencapai standar (VO2 maks) untuk wasit futsal.