SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

upaya meningkatkan keterampilan gerak lompat tinggi gaya guling perut melalui metode permainan di kelas VII D SMP Negeri 1 Kejayan Kecamatan kejayan Kabupaten Pasuruan

Moh. Sodikin

Abstrak


ABSTRAK

 

Moh, Sodikin. 2012. Upaya Meningkatkan Gerak Lompat Tinggi Gaya Guling Perut Melalui Metode Permainan di Kelas VII D SMPN 1 Kejayan Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S, (II) Sri Purnami, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: Upaya Meningkatkan Gerak, Lompat Tinggi Gaya Guling Perut, Metode Permainan.

Lompat tinggi adalah salah satu materi pendidikan jasmani yang terdapat pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Lompat Tinggi merupakan satu jenis keterampilan untuk melewati mistar yang berada di kedua tiang. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti dengan cara mengadakan tes awal keterampilan lompat tinggi gaya guling perut. Pembelajaran lompat tinggi di SMPN 1 Kejayan Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan belum berjalan secara semestinya dibandingkan dengan pembelajaran olahraga permainan.

Berdasarkan hasil observasi awal peneliti menggunakan indikator awalan, tumpuan, sikap pada saat melewati mistar, dan mendarat untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa dalam melakukan keterampilan lompat tinggi gaya guling perut.  Diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan lompat tinggi gaya guling perut siswa kelas VII D SMPN 1 Kejayan dapat dikatakan kurang baik karena dari keempat indikator yang diamati persentase kesalahan masih banyak terlihat pada masing-masing yaitu persentase kesalahan indikator awalan sebesar 25%, tumpuan sebesar 77,8%, saat melewati mistar sebesar 63,8%, dan mendarat sebesar 69,4%.9. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak lompat tinggi gaya guling perut dengan metode permainan. Metode permainan digunakan agar siswa tidak bosan selama pembelajaran lompat tinggi gaya guling perut dan kemampuan gerak lompat tinggi gaya guling perut bisa meningkat menjadi lebih baik.

Dilihat dari data hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada pembelajaran lompat tinggi gaya guling perut ditemukan permasalahan yaitu lebih dari 50% siswa tidak menguasai keterampilan lompat tinggi gaya guling perut dengan benar maka tugas peneliti adalah menemukan metode pembelajaran yang tepat untuk memperbaiki pembelajaran lompat tinggi gaya guling perut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui tes praktik lompat tinggi gaya guling perut, observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Penelitian tindakan kelas terdiri dari siklus-siklus yang saling berhubungan di mana pada tiap-tiap siklus terdiri dari tahap-tahapan: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan (observasi), dan 4. Refleksi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah melakukan pembelajaran dengan  metode permainan terjadi perbaikan pada keterampilan gerak lompat tinggi gaya guling perut siswa selama mengikuti pembelajaran lompat tinggi pada siklus 1. Siklus 1 terdiri dari 3 pertemuan. Pada siklus 1 dari indikator awalan yang melakukan dengan benar sebesar 100%, tumpuan yang melakukan dengan benar sebesar 93%, sikap badan pada saat melewati mistar yang melakukan dengan benar sebesar 91,6%, dan awalan yang melakukan dengan benar sebesar 94,4%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan bagi guru Pendidikan Jasmani di SMPN 1 Kejayan agar dapat menggunakan metode permainan dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga, dan kesehatan. Metode permainan dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran lompat tinggi gaya guling perut karena  berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode permainan dapat meningkatkan keterampilan gerak lompat tinggi gaya guling perut siswa kelas VII D SMPN 1 Kejayan Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan.