SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Tingkat Kesegaran Jasmani dan Keterampilan Teknik Dasar Sepak Bola pada Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Probolinggo

Kharisma Priambudi

Abstrak


ABSTRAK

 

Priambudi, Kharisma. 2012. Survei Tingkat Kesegaran Jasmani dan Keterampilan Teknik Dasar Sepak Bola pada Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Probolinggo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Nengah Sudjana, S. Pd., M. Pd, (II) Drs. Agus Tomi, M. Pd.

 

Kata kunci: Survei, Tingkat Kesegaran Jasmani, Tingkat Keterampilan Teknik Dasar, Sepak bola.

 

            Kesegaran jasmani dan keterampilan teknik dasar adalah dua komponen penting dalam sepak bola. Berdasarkan pengamatan pada kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Probolinggo dalam kompetisi yang sudah diikuti, tedapat beberapa permasalahan pada dua komponen tersebut terutama pada tingkat kesegaran jasmaninya. Hal inilah yang menyebabkan pencapaian prestasi sepak bola sulit tercapai sehingga kesegaran jasmani dan teknik dasar para pemain harus dibenahi dan ditingkatkan melalui latihan fisik dan teknik yang terprogram.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani dan keterampilan teknik dasar bermain sepak bola pada peserta ekstrakurikuler sepak bola di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Probolinggo.

            Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survei. Penelitian survei adalah penelitian yang dilakukan pada satu waktu dan satu kali menggunakan tehnik tes untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani dan keterampilan gerak dasar sepak bola yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak bola di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Probolinggo.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kegiatan ekstrakurikuler sepak bola di Madrasah Tasanawiyah Negeri Kota probolinggo dengan jumlah 29 siswa. Tes yang digunakan untuk mengukur tingkat kesegaran jasmani yaitu menggunakan instrument tes kesegaran jasmani Indonesia untuk anak usia 13 – 15 tahun dan tes yang digunakan untuk mengukur keterampilan gerak dasar bermain sepak bola adalah tes heading, passing dan stopping, dribbling dan shooting.

Berdasarkan  hasil penelitian tingkat kesegaran jasmani pada peserta ekstrakurikuler sepak bola di Madrasah Tsanawiyah Negeri Probolinggo masuk ke dalam kategori sedang dengan rata-rata nilai kesegaran jasmani 16,3 dan untuk tingkat keterampilan gerak dasar termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata nilai 63 yaitu sebanyak 62% atau sebanyak 18 siswa dan yang lainnya masuk dalam kategori sedang dengan rata-rata nilai 58,8 sebanyak 38% atau 11 siswa.

Diharapkan dalam kegiatan ekstrakurikuler sepak bola ini terdapat program latihan yang terencanakan dengan baik serta didukung dengan pelatih yang berdedikasi tinggi. Dalam proses latihan hendaknya pihak sekolah memberikan fasilitas yang memadai sehingga para peserta ekstrakurikuler dapat mengeikuti latihan dengan semangat, disiplin dan terprogram secara konsisten agar proses latihan berjalan dengan efektif.