SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Latihan Kelincahan menggunakan Ladder untuk Pemain Bulutangkis PB Dasa Digdaya Blitar.

INTAN PERMATA SARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Permatasari, Intan. 2012. Pengembangan Latihan Kelincahan menggunakan Ladder untuk Pemain Bulutangkis PB Dasa Digdaya Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Nengah Sudjana, M.Pd (II) Drs. Mahmud Yunus, M.Kes

 

Kata Kunci : pengembangan, latihan, kelincahan dalam permainan bulutangkis

Kelincahan adalah kemampuan seseorang untuk dapat bergerak dan mengubah arah dengan cepat tanpa kesulitan berarti untuk melakukannya. Tujuan latihan kelincahan adalah untuk melatih kelincahan dan koordinasi langkah kaki sehingga memudahkan pemain untuk menjangkau shuttlecock ke setiap sudut lapangan dengan kecepatan yang tinggi dan koordinasi gerak yang baik. Kenyataan yang ada di lapangan khususnya pada PB Dasa Digdaya Blitar, latihan kelincahan yang diberikan pelatih untuk pemain yaitu shuttlerun, shadow menggunakan raket beban dan shadow dengan lampu koordinasi sehingga dirasa perlu adanya variasi latihan kelincahan yang lain untuk alternatif pilihan latihan agar tidak monoton dan pemain tidak cepat bosan dalam melakukan latihan kelincahan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan latihan kelincahan menggunakan ladder untuk pemain bulutangkis PB Dasa Digdaya Blitar yang dapat digunakan sebagai bahan acuan dalam melaksanakan latihan kelincahan.

Metode pengembangan dalam penelitian menggunakan menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall. Instrumen pengumpulan data pengembangan ini berupa angket kuesioner. Angket kuesioner diberikan kepada 1 ahli bulutangkis dan 2 pelatih bulutangkis, uji coba kelompok kecil terhadap pemain PB Dasa Digdaya Blitar sebanyak 10 pemain dan uji lapangan kelompok besar terhadap pemain PB Dasa Digdaya Blitar sebanyak 25 pemain.

Produk berupa pengembangan latihan kelincahan menggunakan ladder untuk pemain bulutangkis di PB Dasa Digdaya Blitar yang diharapkan menarik minat dan motivasi pemain dalam melakukan latihan kelincahan serta dapat dijadikan alternatif variasi latihan kelincahan untuk pelatih dalam memberikan latihan kelincahan untuk pemain bulutangkis PB Dasa Digdaya Blitar.

Hasil tinjauan para ahli, dari ahli bulutangkis menyatakan bahwa secara keseluruhan sudah bagus, namun untuk repetisi latihan diberikan pemain diperbanyak minimal empat kali ulangan. Tinjauan dari dua pelatih bulutangkis yaitu hendaknya diberikan pengantar cara pelaksanaan masing-masing latihan dan tujuannya serta jarak dan faktor keselamatan harus diperhatikan. Untuk uji coba kelompok kecil dan kelompok besar diperoleh kriteria yaitu 80-100% sehingga latihan kelincahan dengan ladder ini layak dan dapat digunakan.

Pada penelitian dan pengembangan ini hanya terbatas pada pengembangan produk. Maka peneliti menyarankan agar dilakukan penelitian selanjutnya yang menguji keefektifan produk yang dikembangkan.