SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model-model Permainan dalam Pembelajaran Teknik Dasar Lari Estafet untuk Siswa Kelas 5 SDN Pakisjajar 01 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.

HERI KISWANTO

Abstrak


ABSTRAK

 

Lari estafet merupakan salah satu nomor dari cabang olahraga atletik. Di SDN Pakisjajar 01 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang materi teknik dasar lari estafet diberikan pada pembelajaran Pendidikan Jasmani kelas 5 SD.Berdasarkan hasil observasi dan analisis kebutuhan terhadap 44 siswa SDN Pakisjajar 01, siswa kurang tertarik dan cepat bosan pada saat proses pembelajaran teknik dasar lari estafet, guru kurang variatif dalam memberikan model permainan dalam pembelajaran lari estafet. Maka dari itu perlu adanya model-model permainan dalam pembelajaran lari estafet agar siswa senang dan tidak cepat bosan. Maka disusunlah rancangan produk pengembangan model-model permainan dalam pembelajaran teknik dasar lari estafet. Model-model permainan tersebut antara lain sebagai berikut: (1) permainan balap sentuhan, (2) permainan tukar benda, (3) permainan estafet quiz, (4) permainan estafet puzzle.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan model-model permainan dalam pembelajaran teknik dasar lari estafet untuk siswa kelas 5 di SDN Pakisjajar 01 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.

Prosedur pengembangan model-model permainan dalam pembelajaran teknik dasar lari estafet ini melalui beberapa tahap, antara lain: 1) melakukan penelitian awal (need assessment), 2) menyusun rancangan produk, 3) evaluasi oleh para ahli, 4) melakukan uji coba kelompok kecil dengan 10 subyek, 5) melakukan revisi terhadap produk awal, 6) melakukan uji coba lapangan (kelompok besar) dengan 43 subyek, 7) melakukan revisi produk. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk dan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase.

Model-model permainan ini dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli, yaitu satu orang ahli atletik, satu orang ahli pembelajaran dan satu orang ahli permainan. Secara keseluruhan para ahli setuju dengan rancangan produk yang dikembangkan meskipun ada beberapa yang perlu diperbaiki. Hasil data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil mendapatkan rata-rata persentase 91,56% dan hasil data yang diperoleh dari uji coba kelompok besar mendapatkan rata-rata persentase 89,02%. Dari hasil tersebut, maka produk model-model permainan dalam pembelajaran teknik dasar lari estafet ini dapat digunakan dan diharapkan pengembangan model-model permainan dalam pembelajaran teknik dasar lari estafet ini bisa menjadi salah satu alternatif variasi pembelajaran pendidikan jasmani agar proses pembelajaran lebih menarik, sehingga siswa lebih aktif dan tidak bosan dalam kegiatan pembelajaran.