SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan pembelajaran yang Menggunakan Catatan Harian Pembelajaran Penjas untuk Kelas XI-IPB SMA Negeri 5 Malang.

GALUH TRIATMOJO

Abstrak


ABSTRAK

 

Triatmojo, Galuh. 2012. Pengembangan  pembelajaran yang Menggunakan Catatan Harian Pembelajaran Penjas untuk Kelas XI-IPB SMA Negeri 5 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Setyo Budiwanto, M. Kes. (2) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: Pengembangan, Catatan harian pembelajaran.

Di kelas XI-IPB SMA Negeri 5 Malang pembelajaran pendidikan jasmani dilakukan seperti pembelajaran pada umumnya, berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan pengamatan peneliti dilapangan siswa kurang bersemangat dalam melakukan pembelajaran pendidikan jasmani, hal ini bisa dilihat dari setiap pertemuan selalu ada siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan barbagai macam alasan, dalam pembelajaran siswa juga tidak sepenuhnya memperhatikan setiap penjelasan dari guru sehingga segi kognitif siswa menjadi sangat kurang, oleh karena itu dibutuhkan sebuah alternatif pembelajaran yang bisa lebih menarik siswa, maka disusun sebuah pembelajaran yang menggunakan catatan harian pembelajaran penjas

Penelitian ini merujuk pada penelitian R&D dari Borg dan Gall. Tidak semua tahapan dalam penelitian R&D dilakukan, dalam penelitian  ini melalui beberapa tahap, antara lain : 1) melakukan pengamatan awal (analisis kebutuhan), 2) melakukan perencanaan pembelajaran, dilengkapi dengan buku panduan selanjutnya dievaluasi oleh para ahli, 3) mengembangkan produk awal, 4) melakukan uji coba produk dengan 6 siswa sebagai subjek coba, 5) melakukan revisi terhadap produk awal, 6) melakukan uji coba lapangan(kelompok besar) denga 16 siswa sebagai subjek coba, 7) melakukan revisi produk. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket kuisioner berisi tentang rancangan produk dan produk yang telah dibuat. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase.

Learning development is equipped with a manual book to make learning a daily record of physical education, the product was developed through expert advice and evaluation, the results of physical education learning experts claim 93.75% of the products ready for use, and learning media expert who claimed 86.25% of its worth to be used. Teachers claimed that 85% viable product is used. The results of the analysis of the data obtained are in small groups 87.99 and 88.44% in a large group of students can perform activities properly. Expected development of the use of this learning diary can be an alternative physical education learning materials, especially on the cognitive, learning to be more interesting so that students are more interested in each learning activity.