SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Keaktifan dalam Pembelajaran Tolak Peluru Menggunakan Peluru Modifikasi dengan Metode Bermain ke Target Sasaran untuk Siswa Kelas V SDN Tempeh Kidul 1 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang

FERNANDY YOGO MULYANTORO

Abstrak


ABSTRAK

 

Mulyantoro, Fernandy Yogo. 2012. Meningkatkan Keaktifan dalam Pembelajaran Tolak Peluru Menggunakan Peluru Modifikasi dengan Metode Bermain  ke Target Sasaran untuk Siswa Kelas V SDN Tempeh Kidul 1 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setyo Budiwanto, M. Kes, (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata Kunci: keaktifan siswa, tolak peluru, peluru modifikasi, metode bermain ke  itarget sasaran

Keaktifan siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu faktor utama yang harus diterapkan oleh guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dituntut untuk berkreasi dalam melakukan pembelajaran khususnya dalam pembelajaran tolak peluru dengan penambahan atau memodifikasi alat peraga seperti tolak peluru. Metode bermain merupakan salah satu pembelajaran dalam pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan untuk menyiasati agar pembelajaran berjalan menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tolak peluru menggunakan peluru modifikasi dengan metode bermain ke target sasaran untuk siswa kelas V SDN Tempeh Kidul 1 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Metode penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan.

Penelitian ini memakai 2 siklus yang setiap siklus terdapat 3 kali pertemuan, maka jumlah keseluruhan pertemuan yang ada dalam penelitian ini terdapat 6 kali pertemuan. Di mana setiap siklus terdiri dari tahap-tahapan yaitu; 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Pengamatan (observasi) dan 4). Refleksi. Dari hasil refleksi siklus 1 yang telah dilaksanakan, masih belum memperoleh hasil keaktifan siswa 90% dan masih ada kekurangan dalam pelaksanaan siklus 1 yang di antaranya: Sebagian siswa masih kurang mengerti arahan yang diberikan oleh guru, masih ada siswa yang tidak memperhatikan guru, menolak dengan memakai peluru sesungguhnya sebagian siswa masih banyak yang salah. Dari kekurangan yang muncul pada pembelajaran tolak peluru pada siklus 1, maka dilanjutkan ke siklus berikutnya (siklus 2) agar kekurangan yang muncul dalam pembelajaran tolak peluru pada siklus 1 dapat diperbaiki dengan indikator keaktifan siswa mencapai 90%. Hasil penelitian ini menunjukkan keaktifan siswa dalam siklus 1 yang dilanjutkan ke siklus 2 telah mengalami peningkatan dengan mencapai indikator keaktifan 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran tolak peluru menggunakan peluru modifikasi dengan metode bermain ke target sasaran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V SDN Tempeh Kidul 1 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang.