SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap Pemahaman Kebersihan Gigi Dan Mulut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SDN Sebandung 01 Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan.

ARIE MURTADLO

Abstrak


ABSTRAK

 

Murtadlo, Arie. 2012. Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap Pemahaman Kebersihan Gigi Dan Mulut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SDN Sebandung 01 Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Jasmani, dan Kesehatan, Jurusan PJKR FIK Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd, (2) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.

 

Kata Kunci: Snowball Throwing, Hasil Belajar.

Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokkan/tim kecil. Model Snowball Throwing  merupakan model pembelajaran yang di dalamnya terdapat tahap-tahap (1) Penyampaian materi, (2) Membentuk kelompok, (3) Penjelasan materi, (4) Permainan bola kertas, (5) Menjawab pertanyaan, (6) Menyimpulkan materi, (7) Evaluasi. Keberhasilan pembelajaran sangat ditentukan oleh proses belajar dan hasil belajar yang dicapai siswa. Oleh sebab itu, menerapkan model pembelajaran yang tepat bisa meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan siswa kelas I SDN Sebandung 01 Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Sebandung 01 Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran, tes, dan pedoman observasi tahapan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai menggunakan skala ketuntasan belajar minimum yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah dan proses belajar menggunakan metode analisis deskriptif dalam bentuk presentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar dari keadaan awal 52,3, siklus I 69,3, siklus II 92,1, dengan ketuntasan belajar dari keadaan awal 23,3%, siklus I 43,3%, siklus II 90%.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Siswa Kelas I pada pokok bahasan menjaga kebersihan gigi dan mulut di SDN Sebandung 01 Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan.