SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Lay up Dalam Pembelajaran Basket Menggunakan Alat Bantu Keset dan Bola Modifikasi Ukuran 5 Untuk Siswa Kelas VIII MTs. KH. Hasyim Asy’ari, Pakisaji - Malang

EKO ARIYANTO WIBOWO

Abstrak


ABSTRAK

 

Wibowo, Eko Ariyanto. 2012. Peningkatan Keterampilan Lay up Dalam Pembelajaran Basket Menggunakan Alat Bantu Keset dan Bola Modifikasi Ukuran 5 Untuk Siswa Kelas VIII MTs. KH. Hasyim Asy’ari, Pakisaji - Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setyo Budiwanto, M.Kes, (II) Dr. Saichudin, M.Kes.

 

Kata Kunci: keterampilan lay up, alat bantu keset dan bola modifikasi ukuran 5

Lay up adalah usaha memasukkan bola ke ring basket yang diawali dengan dua langkah dan meloncat. Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan lay up dalam pembelajaran basket siswa kelas VIII MTs. KH. Hasyim Asy’ari, Pakisaji - Malang, ternyata kesalahan yang banyak terjadi ketika melakukan lay up di lapangan adalah pada saat melangkah, melakukan loncatan kaki tumpu, dan memasukkan bola ke ring.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan lay up dalam pembelajaran basket untuk siswa kelas VIII MTs. KH. Hasyim Asy’ari, Pakisaji - Malang dengan menggunakan alat bantu keset dan bola modifikasi ukuran 5. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dari bulan April sampai bulan Mei tahun 2012 dan dilakukan melalui dua siklus di mana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. KH. Hasyim Asy’ari, Pakisaji - Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan), wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan lay up dalam pembelajaran basket siswa kelas VIII MTs. KH. Hasyim Asy’ari, Pakisaji - Malang mengalami peningkatan. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan siswa dalam melakukan keterampilan lay up setelah diberi tindakan dari siklus1 dan siklus 2. Hasil penelitian adalah pada indikator “langkah “ dari 36 siswa sebanyak 14 siswa (38.9%) yang mampu melakukan gerakan dengan benar sekali, 16 siswa (44.4%) mampu melakukan gerakan dengan benar, 4 siswa (11.1%) mampu melakukan gerakan dengan cukup benar, 2 siswa (5.5%) gagal melakukannya dengan benar. Pada indikator “loncatan kaki tumpu“ dari 36 siswa sebanyak 14 siswa (38.9%) yang mampu melakukan gerakan dengan benar sekali, 14 siswa (38.9%) mampu melakukan gerakan dengan benar, 6 siswa (16.7%) mampu melakukan gerakan dengan cukup benar, 2 siswa (5.5%) gagal melakukannya dengan benar. Pada indikator “koordinasi kaki dan tangan“ dari 36 siswa sebanyak 16 siswa (44.4%) yang mampu melakukan gerakan dengan benar sekali, 15 siswa (41.7%) mampu melakukan gerakan dengan benar, 1 siswa (2.8%) mampu melakukan gerakan dengan cukup benar, 4 siswa (11.1%) gagal melakukannya dengan benar. Pada indikator “arah pandangan“ dari 36 siswa sebanyak 18 siswa (50%) yang mampu melakukan gerakan dengan benar sekali, 17 siswa (47.2%) mampu melakukan gerakan dengan benar, 1 siswa (2.8%) mampu melakukan gerakan dengan cukup benar, 0 siswa (0%) gagal melakukannya dengan benar. Dan pada indikator “bola masuk “ dari 36 siswa sebanyak 11 siswa (30.6%) yang mampu melakukan gerakan dengan benar sekali, 18 siswa (50%) mampu melakukan gerakan dengan benar, 3 siswa (8.3%) mampu melakukan gerakan dengan cukup benar, 4 siswa (11.1%) gagal melakukannya dengan benar.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat bantu keset dan bola modifikasi ukuran 5 dalam pembelajaran basket dapat meningkatkan keterampilan lay up untuk siswa kelas VIII MTs. KH. Hasyim Asy’ari, Pakisaji - Malang.