SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Pendidikan Jasmani yang Ter Sertifikasi dan Non Sertifikasi di SMK Negeri Se Kota Malang

GAMMAL ABDUL NASSER

Abstrak


ABSTRAK

Abdul Nasser, Gammal. 2012. Survei Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Pendidikan Jasmani yang Ter-Sertifikasi dan Non Sertifikasi di SMK Negeri Se-Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Mahmud Yunus, M.Kes, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Guru Pendidikan Jasmani yang Ter-Sertifikasi dan Non Sertifikasi, SMK Negeri Se-Kota Malang.

Salah satu faktor penting untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa adalah penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yang sistematis, artinya tenaga pengajar dituntut mampu merancang pembelajaran yang akan digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Kondisi yang terjadi saat ini salah satu masalah utama dalam pengajaran pendidikan jasmani khususnya di Kota Malang ialah belum efektifnya pengajaran pendidikan jasmani di sekolah-sekolah. Kondisi kualitas persiapan pembelajaran pendidikan jasmani yang memprihatinkan di sekolah menengah kejuruan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) guru pendidikan jasmani yang lulus sertifikasi dengan yang belum lulus Sertifikasi di SMK Negeri se-Kota Malang. Diharapkan, hasil penelitian ini bisa membantu untuk meningkatkan pengetahuan guru pendidikan jasmani khususnya dalam merencanakan pembelajaran di SMK Negeri se Kota Malang dan  sebagai masukan dalam persiapan mengajar guru pendidikan jasmani dan kesehatan untuk mengaplikasikan kurikulum yang telah ditentukan dalam kegiatan pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Langkah penelitian sebagai berikut: (1) Tahap persiapan pengumpulan data, (2) tahap pelaksanaan. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Jasmani di SMK Negeri se Kota Malang sebanyak 20 guru.

Hasil analisis persentase lembar penilaian kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran  dapat diketahui bahwa dari 10 perencanaan pembelajaran yang di buat oleh guru pendidikan jasmani yang tersertifikasi rata-rata 83.63% guru pendidikan jasmani mampu merancang perencanaan pembelajaran dengan baik sedangkan 16.37% guru pendidikan jasmani masih kurang baik dalam menyusun perencanaan pembelajaran. Artinya bahwa 83.63%  guru pendidikan jasmani mampu merancang pembelajaran dengan baik dan 16.37% guru pendidikan jasmani masih kurang baik. Kemudian dari 10 perencanaan pembelajaran yang di buat oleh guru pendidikan jasmani yang belum tersertifikasi rata-rata 68.47% guru pendidikan jasmani mampu merancang perencanaan pembelajaran dengan baik sedangkan 31.53% guru pendidikan jasmani masih kurang baik dalam menyusun perencanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian berupa angket yang telah disebarkan kepada 20 responden, diketahui bahwa (1) 50% guru sudah sertifikasi dan 50% guru belum sertifikasi, (2) 95% guru pendidikan jasmani menyatakan bahwa program sertifikasi dari pemerintah yang berupa peningkatan kesejahteraan guru harus diikuti dengan kualitas system pembelajarannya, (3) 100% guru pendidikan jasmani menyatakan bahwa komponen RPP yang dibuat sesuai dengan kebutuhan siswa ditempat mengajar, (4) guru pendidikan jasmani menyatakan bahwa RPP sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar, dan (5) 80% guru menyatakan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar serta dapat menentukan hasil belajar yang baik.

Hasil penelitian ini diharapkan bisa membantu meningkatkan kualitas rencana pelaksanaan yang dibuat oleh guru pendidikan jasmani agar lebih baik lagi kedepannya serta diharapkan guru pendidikan jasmani memahami konsep perencanaan pembelajaran dan menyesuaikan kondisi pemahaman siswa dalam menerima pembelajaran dimana tempat guru mengajar.