SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-Book Permainan Tenis meja Sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 2 Grati Kabupaten Pasuruan

RIRIN WIDYAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Widyawati, Ririn. 2012. Pengembangan E-Book Permainan Tenis meja Sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 2 Grati Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wasis Djoko Dwi Yogo, M.Pd., (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, materi permainan tenis meja, Media pembelajaran E-book

Pendidikan merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan pada peserta didik agar mampu mengembangkan kemampuan dan potensi yang ada pada dirinya. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani yang efektif, sumbangan yang paling nyata adalah guru diharapkan mengembangkan media pembelajaran sehingga dapat mencapai keberhasilan tujuan pembelajarannya. Semakin variatif media pembelajaran yang digunakan guru maka semakin banyak peran siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan adalah media pembelajaran yang berbasis komputer.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan E-Book Permainan Tenismeja Sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 2 Grati Kabupaten Pasuruan, sehingga siswa dapat belajar materi tenis meja tanpa merasa bosan dengan adanya media yang baru.

Spesifikasi yang digunakan untuk produk yang peneliti buat berupa Produk pengembangan software yang menggunakan komputer sebagai media pembelajaran, E-Book berisi tentang sejarah tenis meja, tipe dan taktik dalam bermain tenis meja, teknik permainan meja, latihan fisik, latihan mental, peraturan permainan tenis meja, E-Book dilengkapi dengan video teknik dasar permainan tenis meja beserta foto sarana dan prasarana, E-Book dilengkapi dengan animasi pada setiap slidenya, E-Book terdapat variasi warna gambar, tulisan, halaman, Produk akhir dikemas dalam bentuk VCD.

Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan kemudian untuk Rancangan penelitian peneliti mengacu pada model pengembangan (research and development) Borg and Gall. Dari sepuluh langkah yang ada beberapa dimodifikasi oleh peneliti sesuai kebutuhan. Langkah-langkah yang diambil (1) Analisis kebutuhan dan observasi lapangan, (2) Pembuatan produk awal, (3) Evaluasi ahli, (4) Uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 12 subjek, (5) Revisi produk awal, (6) Uji coba kelompok besar dengan menggunakan 45 subjek, (7) Revisi produk akhir dan hasil akhir pengembangan dengan total keseluruhan sampel yang digunakan oleh peneliti dari uji kelompok kecil dan uji kelompok besar yaitu 57 siswa mulai dari kelas  tujuh, kelas delapan, kelas sembilan.

Dari penelitian dan pengembangan serta prosedur yang dilakukan di atas, dihasilkan produk yaitu pengembangan E-Book permainan tenis meja sebagai media pembelajaran di SMP Negeri 2 Grati Kabupaten Pasuruan: (1) sejarah permainan tenis meja (2) teknik dasar permainan tenis meja, (3) tipe dan taktik permainan tenis meja, (4) latihan fisik dan latihan mental, (5) peraturan dalam permainan tenis meja

Berdasarkan hasil uji ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar disimpulkan pengembangan E-Book tenis meja sebagai media pembelajaran di SMP Negeri 2 Grati Kabupaten Pasuruan ini bermanfaat, menarik dan menyenangkan. Sebagai upaya penyebarluasan produk yang telah dikembangkan ke sasaran yang lebih luas sebaiknya produk yang telah dikembangkan ini dievaluasi kembali kemudian disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.