SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Meningkatkan Keterampilan Smash Bolavoli Menggunakan Metode Drill Bervariasi untuk Pembelajaran Siswa Kelas Olahraga di SMP Negeri 1 Batu

PRADANANG ARIF WIBOWO

Abstrak


ABSTRAK

 

Wibowo, Pradanang Arif. 2012. Upaya Meningkatkan Keterampilan Smash Bolavoli Menggunakan Metode Drill Bervariasi untuk Pembelajaran Siswa Kelas Olahraga di SMP Negeri 1 Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S (II) Drs. Lokananta T. H.W., M.Kes

Kata kunci: Keterampilan, Smash Bolavoli, Metode Drill Bervariasi

            Permainan bolavoli adalah merupakan permainan beregu, dimainkan oleh dua regu yang masing-masing terdiri dari 6 orang disetiap lapangan dipisahkan oleh net, pantulan yang dimainkan itu dengan tangan atau lengan. Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa pembelajaran pendidikan jasmani siswa kelas olahraga di SMP Negeri 1 Batu tidak pernah diberikan model-model latihan yang bervariatif khususnya pada pembelajaran bolavoli.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkat keterampilan smash bolavoli siswa kelas olahraga di SMP Negeri 1 Batu yang mengalami kesulitan melalui metode drill bervariasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas olahraga SMP Negeri 1 Batu.

            Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan), dokumentasi, wawancara, tes dan catatan lapangan.

            Hasil penelitian ini terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa dari siklus ke siklus. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan siswa dalam melakukan smash bolavoli setelah diberikan tindakan dari siklus1 dan siklus 2 hasilnya, pada aspek sikap awalan dari 15 siswa ada 14 siswa atau 93,3% yang mampu melakukan gerakan dengan benar, sehingga masuk ke dalam kategori baik. Pada aspek tolakan dari 15 siswa ada 13 siswa atau 86,7% yang mampu melakukan gerakan dengan benar, sehingga masuk ke dalam kategori baik. Pada aspek pukulan dari 15 siswa ada 12 siswa atau 80% yang mampu melakukan gerakan dengan benar, sehingga masuk ke dalam kategori baik. Pada aspek sikap akhir dari 15 siswa ada 13 siswa atau 86,7% yang mampu melakukan gerakan dengan benar, sehingga masuk ke dalam kategori baik.

            Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah metode drill bervariasi dapat meningkatkan keterampilan smash bolavoli untuk pembelajaran kelas olahraga di SMP Negeri 1 Batu. Saran yang diberikan yaitu sebagai seorang pendidik atau guru pendidikan jasmani harus lebih kreatif dalam memberi materi pembelajaran agar siswa tertarik dan tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik.