SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Lari Cepat Menggunakan Metode Permainan Untuk Siswa Kelas V SDN Candi Mulyo III Jombang

MOCHAMMAD ZUEM FIRMANSYAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Zuem Firmansyah, Mochammad. 2012. Peningkatan Keterampilan Lari Cepat Menggunakan Metode Permainan Pada Siswa Kelas V SDN Candi Mulyo III Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:   (I) I Nengah Sudjana S.Pd, M.Pd, (II) Drs. Lokananta Teguh H.W, M.Pd

 

Kata kunci: Peningkatan, Keterampilan, Lari Cepat, Pendekatan Permainan.

 

Lari cepat adalah suatu kemampuan yang ditandai proses memindahkan posisi tubuh, dari satu tempat ke tempat lainnya secara cepat. Dalam melakukan lari cepat terdapat indikator-indikator gerakan yang perlu diperhatikan antara lain: langkah kaki panjang dan cepat, ayunan lengan dengan langkah kaki, badan condong ke depan. Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa keterampilan lari cepat siswa kelas V SDN Candi Mulyo III ternyata masih banyak kesalahan yang muncul di lapangan. Jumlah siswa kelas V SDN Candi Mulyo III adalah 20 siswa, 9 diantaranya laki-laki dan 11 siswa perempuan, dari hasil observasi yang telah diperoleh 8 siswa mengalami kesulitan pada langkah kaki panjang dan cepat, 5 siswa mengalami kesulitan pada ayunan lengan dengan langkah kaki, dan 13 siswa mengalami kesulitan pada badan condong ke depan. Oleh karena itu perlu adanya metode pembelajaran yang baru untuk meningkatkan indikator lari cepat dengan menggunakan metode permainan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan lari cepat siswa kelas V SDN Candi Mulyo III dengan menggunakan metode permainan.

            Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan,                   (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Candi Mulyo III. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara (pengamatan).

            Hasil penelitian menggunakan metode permainan keterampilan lari cepat pada siswa kelas V SDN Candi Mulyo III setelah diberi tindakan pada siklus 1 dan siklus 2 sebagai berikut: dari 20 siswa ada 20 atau sejumlah 100% siswa yang mampu melakukan gerakan dengan benar pada indikator langkah kaki panjang dan cepat kaki saat bertolak kuat sampai terkadang kaki belakang harus lurus, pendaratan kaki harus selalu pada ujung telapak kaki, 20 siswa atau sejumlah 100% siswa yang mampu melakukan gerakan dengan benar pada indikator ayunan lengan dengan langkah kaki, ayunan lengan lemas agak serong ke depan tengah, siku ditekuk kira-kira sudut 90 derajat, antara gerakan kaki panggul harus harmonis, menggerakkan kaki tinggi dan langkah selebar mungkin, 18 siswa atau sejumlah 90% siswa yang mampu melakukan gerakan dengan benar pada indikator badan condong ke depan, kecondongan badan dengan sudut kira-kira 25 derajat sampai 30 derajat, gerak lengan tidak berlebihan, badan lurus, tidak membusungkan dada, pandangan tidak jauh ke depan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan dengan menggunakan permainan dapat meningkatkan keterampilan lari cepat pada siswa kelas V SDN Candi Mulyo III. Saran berdasarkan penelitian ini: (1) Bagi guru pendidikan jasmani penelitian ini bermanfaat sebagai pedoman untuk menentukan dan memilih pembelajaran yang lebih baik dan bervariasi dalam meningkatkan hasil belajar lari cepat, (2) bagi peneliti yang lain bisa dijadikan referensi untuk meningkatkan pembelajaran lari cepat dengan mengembangkan metode permainan yang lebih bervariasi agar siswa tidak jenuh pada saat pembelajaran.