SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Passing Sepakbola Kaki Bagian Dalam dengan Pendekatan Bermain Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Karangjati Kabupaten Ngawi

ANDHIKA CRISWAN BUDHIARTA

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Budhiarta, Andhika Criswan. 2012. Peningkatan Keterampilan Passing Sepakbola Kaki Bagian Dalam dengan Pendekatan Bermain Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Karangjati Kabupaten Ngawi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd, (2) Drs. Lokananta T.H.W, M.Kes.

 

 

Kata Kunci: peningkatan, keterampilan passing sepakbola kaki bagian dalam, permainan.

 

Olahraga sepakbola diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Passing menggunakan kaki bagian dalam adalah salah satu teknik dasar yang harus dikuasai dalam sepakbola. Melalui pembelajaran tolak passing sepakbola kaki bagian dalam, diharapkan siswa lebih senang, aktif, paham terhadap materi dan terampil. Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa keterampilan passing sepakbola kaki bagian dalam di SMP Negeri 2 Karangjati Kabupaten Ngawi masih belum memenuhi standar ketuntasan minimal. Siswa masih banyak yang tidak senang, tidak memperhatikan dan tidak aktif di dalam pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan passing sepakbola kaki bagian dalam siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Karangjati Kabupaten Ngawi menggunakan metode bermain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, dokumentasi dan catatan lapangan.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan,   (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Karangjati Kabupaten Ngawi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan). Dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus.

Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan passing sepakbola kaki bagian dalam siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Karangjati Kabupaten Ngawi mengalami banyak peningkatan. Hasil tindakan siklus I diketahui sebagai berikut: (1) pandangan mata ke arah bola dan selanjutnya ke arah sasaran passing sudah benar dilakukan sebanyak 19 siswa atau 68%, (2) kaki yang untuk menendang berada di belakang bola sudah benar dilakukan sebanyak 18 siswa atau 64%,     (3) kaki yang untuk menendang berada di belakang bola sudah benar dilakukan sebanyak 23 siswa atau 82%, (4) perkenaan bola dengan kaki bagian dalam sudah benar dilakukan sebanyak 22 siswa atau 79%, (5) perkenaan tepat pada tengah-tengah bola sudah benar dilakukan sebanyak 22 siswa atau 79%, (6) posisi tubuh sebidang dengan arah passing sudah benar dilakukan sebanyak 19 siswa atau 68%, (7) badan condong ke depan saat menendang bola sudah benar dilakukan sebanyak 15 siswa atau 54%, (8) kaki ayun yang digunakan untuk menendang berada di belakang bola sudah benar dilakukan sebanyak 24 siswa atau 86%,     (9) ayunan kaki searah dengan bidang tubuh sudah benar dilakukan sebanyak 14 siswa atau 50%, (10) ayunan kaki tidak di tahan sudah benar dilakukan sebanyak 16 siswa atau 57%.

Hasil tindakan siklus II diketahui sebagai berikut: (1) pandangan mata ke arah bola dan selanjutnya ke arah sasaran passing sudah benar dilakukan sebanyak 25 siswa atau 86%, (2) kaki yang untuk menendang berada di belakang bola sudah benar dilakukan sebanyak 23 siswa atau 79%, (3) kaki yang untuk menendang berada di belakang bola sudah benar dilakukan sebanyak 27 siswa atau 93%,     (4) perkenaan bola dengan kaki bagian dalam sudah benar dilakukan sebanyak 28 siswa atau 97%, (5) perkenaan tepat pada tengah-tengah bola sudah benar dilakukan sebanyak 25 siswa atau 86%, (6) posisi tubuh sebidang dengan arah passing sudah benar dilakukan sebanyak 23 siswa atau 79%, (7) badan condong ke depan saat menendang bola sudah benar dilakukan sebanyak 22 siswa atau 76%, (8) kaki ayun yang digunakan untuk menendang berada di belakang bola sudah benar dilakukan sebanyak 29 siswa atau 100%, (9) ayunan kaki searah dengan bidang tubuh sudah benar dilakukan sebanyak 23 siswa atau 79%,        (10) ayunan kaki tidak di tahan sudah benar dilakukan sebanyak 24 siswa atau 83%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan passing sepakbola kaki bagian dalam dengan metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Karangjati Kabupaten Ngawi.