SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Keterampilan Senam Lantai Guling Depan Kelas VII G di SMP Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Pasuruan

Kholis Apriadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Apriadi, Kholis. 2012. Penerapan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Keterampilan Senam Lantai Guling Depan Kelas VII G di SMP Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mu’arifin, M.Pd, (II) Drs. Tatok Sugiarto S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: metode bermain, keterampilan, guling depan

Guling depan menurut Mahendra (2001: 257) adalah gerak berguling yang halus dengan menggunakan bagian tubuh yang berbeda untuk kontak dengan lantai, dimulai dari kedua kaki, kedua tangan, ke tengkuk, lalu ke bahu, ke punggung, ke pinggang dan pantat, sebelum akhirnya ke kaki kembali. Berdasarkan observasi awal, diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan senam lantai guling depan pada siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Pasuruan, ternyata permasalahan yang banyak muncul di lapangan adalah pada sikap awalan, pelaksanaan berguling, dan sikap akhir.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan senam lantai guling depan pada siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Pasuruan dengan menggunakan metode bermain yang mengambil konsep part-whole dan pelaksanaannya menggunakan model-model bermain. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan dengan 4 siklus dengan 1 kali pertemuan di setiap siklusnya dengan tahap pelaksanaannya yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan), dokumentasi, dan tes. Teknik analisis penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif  kuantitatif

Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan senam lantai guling depan pada siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Pasuruan mengalami peningkatan. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan siswa dalam melakukan keterampilan senam lantai guling depan setelah diberi tindakan dari siklus 1, siklus 2, siklus 3 dan siklus 4. Penilaian kategori persentase taraf keberhasilan setiap siklusnya merujuk dari Arikunto (2002: 313), yaitu pada siklus 1 dengan 24,3% dengan kategori tidak baik (< 40%), mengalami peningkatan pada siklus 2 dengan 43,1% dengan kategori kurang baik (40-55%) , mengalami peningkatan kembali pada siklus 3 dengan 76,1% dengan kategori baik (76-100%), dan hingga akhirnya mengalami peningkatan yang sangat baik pada siklus ke 4 dengan 89,3% dengan kategori baik (76-100%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran senam lantai guling depan dengan menggunakan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan senam lantai guling depan  pada siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Pasuruan.