SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Passing Dada (Chest Pass) Permainan Bolabasket Menggunakan Bola Modifikasi di Kelas VII A SMP Negeri 10 Malang

THOBIAS NOFTA RENDRA

Abstrak


ABSTRAK

 

Peneliti melakukan penelitian pengembangan pembelajaran teknik dasar passing dada (chest pass) menggunakan bola modifikasi dikarenakan kegiatan pembelajaran passing dada (chest pass) pada bola basket siswa-siswi cenderung malas, takut untuk melakukan, menerima bola dan lemah pada saat melakukan passing dada (chest pass) bola basket. Hal ini dikarenakan bola yang digunakan terlalu berat, kemudian pembelajaran yang diberikan oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan hanya pembelajaran passing dada berbaris dan passing dada pantul (media tembok). Sebanyak  100% guru menyatakan masih kesulitan dalam mengembangkan pola permainan dalam pembelajaran teknik dasar passing dada (chest pass) permainan bolabasket dan belum adanya pengembangan alat yang dilakukan oleh guru.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg dan Gall, pada penelitian ini sebagian dimodifikasi oleh peneliti, antara lain; analisis kebutuhan dan analisis survey pembelajaran, kajian pustaka, observasi dan wawancara, pembuatan produk, tinjauan para ahli, revisi produk, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, dan produk akhir.

Produk yang dihasilkan untuk memecahkan masalah tersebut berupa pembelajaran teknik dasar passing dada (chest pass) bolabasket menggunakan bola modifikasi untuk siswa kelas VII A SMP Negeri 10 Malang yang dikemas dalam buku panduan pelaksanaan.

Terdapat 5 spesifikasi model permainan dalam pembelajaran teknik dasar passing dada (chest pass) menggunakan bola modifikasi yaitu, passing dada melingkar, passing berputar, passing dada bergeser, passing tangkap, passing rintang, dan bola plastik modifikasi yang didalamnya diisi dengan kapuk.

Dengan adanya pengembangan pembelajaran teknik dasar passing dada (chest pass) pada permainan bolabasket menggunakan bola modifikasi ini diharapkan dapat meningkatkan aktivitas, semangat dan konsentrasi siswa, dapat dijadikan referensi bagi guru guna mengembangkan pembelajaran teknik dasar passing dada (chest pass) pada permainan bolabasket, dan dapat dijadikan pedoman dan menambah pengetahuan khususnya dalam bidang pengembangan pembelajaran dan alat.