SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Buku Panduan Terhadap Keterampilan Teknik Dasar ‘serangan’ Pencak Silat Kelas VII SMP Negeri 10 Malang

RIZAL SYAMSUL ARIFIN

Abstrak


ABSTRAK

 

Belum diketahui efektivitas penggunaan buku panduan teknik dasar serangan pencak silat yang dikembangkan oleh Aniek Nurhayati, S.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan akibat pembelajaran dengan pemberian buku panduan tersebut terhadap keterampilan serangan pencak silat.

Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian “One-Group Pre test-Post test Design” yang artinya terdapat satu kelompok diberikan tes sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Jenis penelitian ini adalah rancangan penelitian yang digunakan untuk mengungkapkan perbedaan antara tes sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dan hasilnya dianalisis dengan menggunakan uji beda. Pada penelitian ini siswa melakukan tes awal (pre test), setelah itu siswa diberikan perlakuan berupa program latihan keterampilan serangan pencak silat dari buku panduan, setelah itu siswa melakukan tes akhir (post test).

Hasil analisis uji-t didapat thitung sebesar 39.349 dan ttabel sebesar 2.045 (thitung > ttabel). Nilai signifikansi 0.000. Rata-rata hasil tes awal adalah 88.83, dan simpangan baku sebesar 10.51463. Kemudian untuk rata-rata tes akhir adalah 169.60, dan simpangan baku sebesar 7.41201. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan buku panduan teknik dasar serangan pencak silat terhadap keterampilan teknik dasar serangan pencak silat siswa kelas VII SMPN 10 Malang.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan buku panduan teknik dasar serangan pencak silat oleh Aniek Nurhayati, S.Pd dapat meningkatkan teknik dasar serangan pencak silat siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang.

Saran dari hasil penelitian ini diharapkan buku panduan teknik dasar serangan pencak silat oleh Aniek Nurhayati, S.Pd dapat dijadikan pedoman dan acuan dalam pembelajaran teknik dasar serangan pencak silat guna meningkatkan keterampilan teknik dasar serangan pencak silat siswa.