SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Minat Siswa terhadap Pembelajaran Bolavoli di SMP Negeri 16 Malang

JOHN TRIJAYA

Abstrak


ABSTRAK

 

Trijaya, John. 2012. Survei Minat Siswa terhadap Pembelajaran Bolavoli di SMP Negeri 16 Malang . Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Asim, M.Pd (II) Drs. Agus Tomi, M.Pd.

 

Kata kunci: minat siswa, pembelajaran bolavoli, SMP Negeri 16 Malang.

 

Dalam standart isi kurikulum berbasis 2006, pada aspek permainan dan olahraga, bolavoli merupakan materi yang termasuk dalam permainan bola besar yang dapat dipilih dan dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan (sekolah). Akan tetapi pada kenyataannya, pembelajaran bolavoli di SMP Negeri 16 Malang kurang berjalan dengan baik.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui keinginan, rasa suka, ketertarikan dan minat siswa SMP Negeri 16 Malang terhadap pembelajaran bolavoli.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara memberikan angket atau kuesioner kepada responden yang telah dijustifikasi oleh beberapa justifikator. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 16 Malang kelas VII dan kelas VIII.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 100 siswa yang dijadikan responden di SMP Negeri 16 Malang, siswa yang menyatakan memiliki keinginan terhadap pembelajaran bolavoli sebesar 61,8%, dan siswa yang menyatakan mempunyai rasa suka atau senang terhadap pembelajaran bolavoli sebesar 66,1%, sedangkan siswa yang mempunyai ketertarikan terhadap pembelajaran bolavoli sebesar 73,6%. Dari analisis tersebut maka dapat diketahui rata-rata keseluruhan dari masing-masing variabel yaitu, siswa SMP Negeri 16 Malang yang beriminat terhadap pembelajaran bolavoli sebesar 67,17%.

Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti menyarankan agar (1) Untuk meningkatkan pengetahuan siswa khususnya tentang pembelajaran bolavoli, maka diharapkan sekolah di SMP Negeri 16 Malang dapat memberikan materi tentang pembelajaran bolavoli lebih menarik lagi kepada siswa, sehingga siswa dapat senang dan lebih berminat terhadap pembelajaran bolavoli, serta dapat lebih mengembangkan minatnya di bidang tersebut. (2) Dengan minat siswa SMP Negeri 16 Malang yang cukup besar dibandingkan yang kurang atau tidak berminat terhadap pembelajaran bolavoli, maka sebaiknya sekolah mengadakan kembali ekstrakurikuler bolavoli yang dululunya sempat diberhentikan. (3) Dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam mengembangkan minat siswa terhadap pembelajaran bolavoli. (4) Untuk memperoleh hasil lebih baik, perlu diadakan penelitian lebih lanjut dengan menambahkan variabel dan indikator. Penelitian ini dapat berupa penelitian tidakan kelas dan pengembangan yang nantinya akan memberikan dampak positif bagi minat siswa terhadap pembelajaran bolavoli.