SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Panduan Latihan Renang Gaya Dada Pada Ekstra Kurikuler Renang Di SMA N 1 Plemahan Kabupaten Kediri

ADITYA SUHENDRA

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Suhendra, Aditya. 2012. Pengembangan Buku Panduan Latihan Renang Gaya Dada Pada Ekstra Kurikuler Renang Di SMA N 1 Plemahan Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sulistyorini, M.Pd (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci: pengembangan, buku panduan, dan renang gaya dada.

 

Renang gaya dada tergolong sulit dilakukan karena membutuhkan koordinasi yang baik antara gerakan kaki, gerakan tangan dan saat pengambilan nafas. Pada penerapan proses latihan yang ada terlihat bahwa siswa kurang bisa menguasai tehnik dasar yang diajarkan oleh guru mata pelajaran karena guru mata pelajaran belum mempunyai pedoman pembelajaran yang jelas, terstuktur, dan sistematis.

            Peneliti mengacu model pengembangan (research and development) Borg dan Gall (1983:775) yang terdiri dari sepuluh langkah, tetapi peneliti menggunakan 7 langkah yaitu: (1) Melakukan penelitian dan pengumpulan informasi (kajian kelas, persiapan laporan tentang pokok persoalan), (2) Melakukan perencanaan (pendefinisian keterampilan, perumusan penentuan urutan pengajaran, dan uji coba sekala kecil), (3) Mengembangkan bentuk produk awal ( penyiapan materi pengajaran, penyusunan buku pegangan, dan perlengkapan evaluasi), (4) Melakukan uji lapangan permulaan ( Uji lapangan menggunakan 10 siswa SMA 1 Plemahan). Data wawancara, observasi, dan kuisioner dikumpulkan dan dianalisis, (5) Melakukan revisi terhadap produk utama (sesuai dengan saran-saran dan hasil uji lapangan permulaan, (6) Melakukan uji lapangan utama ( dilakukan pada 40 siswa SMA 1 Plemahan). (7) Melakukan revisi terhadap produk operasional (revisi produk berdasarkan saran-saran dari hasi uji coba lapangan utama)

Berdasarkan hasil analisis data uji coba (kelompok besar) diperoleh bahwa seluruh aspek dalam pengembangan Buku panduan renang gaya dada telah memenuhi kreteria baik yaitu antara 80% – 100%. Hasil pengembangan ini hanya terbatas pada pengembangan produk, maka diharapkan ada penelitian selanjutnya yang menguji tentang tingkat efektivitas produk yang telah dikembangkan dan hasil penelitian dan pengembangan ini, diharapkan dapat diuji cobakan pada lingkup yang lebih luas.