SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Keaktifan melakukan servis Dalam Pembelajaran BolaVoli dengan menggunakan metode Bermain pada Siswa Kelas V SDN Palangsari II Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan

MOHAMMAD MUKHLAS

Abstrak


ABSTRAK

 

Mukhlas, Mohammad 2012. Meningkatkan Keaktifan melakukan servis Dalam Pembelajaran BolaVoli dengan menggunakan metode Bermain pada Siswa Kelas V SDN Palangsari II Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas ilmu Keolahragaan Unversitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Lokananta TWH, M.Kes (2) Drs. Mardianto, M.Kes.

 

Kata Kunci: Peningkatan Keaktifan, Pembelajaran melakukan servis, Metode Bermain.

Pendidikan jasmani adalah pendidikan dari jasmani dan perlu diberikan dilembaga pendidikan, karena aktivitas jasmani yang berbentuk latihan memberikan manfaat bagi peserta didik dalam bentuk kebugaran jasmani dan pemeliharaan kesehatan.

Servis Bawah adalah gerakan yang dilakukan dengan berdiri di daerah servis dengan kaki kiri lebih ke depan dari pada kanan dan sebaliknya untuk yang kidal. Servis merupakan salah satu materi yang diberikan di dalam pendidikan sekolah dasar (SD). Berdasarkan observasi awal tentang pembelajaran servis bola voli yang dilakukan melalui observasi pada Keaktifan siswa diperoleh data siswa kurang aktif dalam pembelajaran servis bola voli. Pendidikan jasmani dan olahraga yang diberikan guru pada saat pembelajaran terlalu monoton atau pemberian materi pembelajaran terlalu cepat sehingga siswa sulit untuk mempraktekkan materi tersebut. Oleh karena itu, dalam penelitian ini diterapkan metode bermain karena metode ini pembelajrannya dari cara yang mudah ke cara yang sukar. Dengan proses pembelajaran tersebut diharapkan dapat Meningkatkan Keaktifan Melakukan Servis Dalam Pembelajaran Bola Voli Dengan Menggunakan Metode Bermain Pada Siswa Kelas V SDN Palangsari II Kec. Puspo Kab. Pasuruan.

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Keaktifan Melakukan Servis Dalam Pembelajaran Bola Voli Dengan Menggunakan Metode  Bermain Pada Siswa Kelas V SDN Palangsari II Kec. Puspo Kab. Pasuruan.

Penelitian ini didisain dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Kegiatan utama yang ada tiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.

Hasil dari penelitian tindakan kelas ini bahwa pada siklus 1 dan 2 Keaktifan siswa 60%. Meningkat menjadi 90% %. Oleh karena itu, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa metode Bermain yang  dapat Meningkatkan Keaktifan Melakukan Servis Dalam Pembelajaran Bola Voli Pada Siswa Kelas V SDN Palangsari II Kec. Puspo Kab. Pasuruan.