SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Keterampilan Teknik Mendarat Pada Lompat Jauh Gaya Jongkok Dengan Menggunakan Metode Bermain Melompat Siswa Kelas IV SDN Ngampel 2 Kota Kediri

CORRY MARTHA SUSANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Susanti, Corry Martha. 2012. Meningkatkan Keterampilan Teknik Mendarat Pada Lompat Jauh Gaya Jongkok Dengan Menggunakan Metode Bermain Melompat Siswa Kelas IV SDN Ngampel 2 Kota Kediri. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes., (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata kunci:Keterampilan, Lompat Jauh Gaya Jongkok, Teknik Mendarat,  Metode Bermain Melompat.

 

            Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh tingkat kegagalan pada teknik mendarat mencapai 79,17%. Dari aktivitas di lapangan terlihat siswa sering kali melakukan kesalahan dalam teknik mendarat yaitu kebanyakan posisi mendarat siswa cenderung tidak jongkok ke depan dan kurangnya keseimbangan.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pada lompat jauh gaya jongkok khususnya teknik mendarat dengan menggunakan metode bermain melompat pada siswa kelas IV SDN Ngampel 2 Kota Kediri.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Dilakukan dengan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peneliti berkolaborasi dengan guru pendidikan jasmani. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa kelas IV SDN Ngampel 2 Kota Kediri yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan catatan lapangan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan teknik mendarat pada lompat jauh gaya jongkok selama mengikuti pembelajaran dari tiap siklus. Pada siklus 1 gerakan kepala ditundukkan yang melakukan dengan benar sebesar 70,83%, gerakan sikap badan jongkok yang melakukan dengan benar sebesar 62,5%, gerakan sikap badan seimbang yang melakukan dengan benar sebesar 58,33%, gerakan menjulurkan tangan yang melakukan gerakan benar sebesar 70,83% dan gerakan kaki lentur dan lemas yang melakukan gerakan benar sebesar 54,17%. Hasil dari siklus 2 menunjukkan peningkatan penguasaan keterampilan teknik mendarat pada lompat jauh gaya jongkok dengan masing-masing taraf keberhasilan dari gerakan kepala ditundukkan yang melakukan dengan benar sebesar 95,83% dengan taraf keberhasilan baik, gerakan sikap badan jongkok yang melakukan dengan benar sebesar 95,83% dengan taraf keberhasilan baik, gerakan sikap badan seimbang yang melakukan dengan benar sebesar 83,33% dengan taraf keberhasilan baik, gerakan menjulurkan tangan yang melakukan gerakan benar sebesar 100% dengan taraf keberhasilan baik dan gerakan kaki lentur dan lemas yang melakukan gerakan benar sebesar 79,17% dengan taraf keberhasilan baik.

Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain melompat dapat meningkatkan keterampilan teknik mendarat pada lompat jauh gaya jongkok siswa kelas IV SDN Ngampel 2 Kota Kediri.