SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya meningkatkan Pembelajaran teknik dasar atletik lanjutan materi lempar lembing melalui penerapan metode Play and games kelas VIII D di SMP Negeri 13 Malang.

NUR KHOIRUL MUHAIMIN

Abstrak


Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 13 Malang khususnya teknik dasar lanjutan materi lempar lembing gaya cross step belum sebagaimana yang di harapkan, hal ini di sebabkan karena guru pendidikan jasmani belum menerapkan metode yang bervariasi terhadap proses pembelajaran. Berdasarkan observasi awal pada kelas VIII D di SMP Negeri 13 Malang , diperoleh hasil bahwa penguasaan gerak, pemahaman materi dan pengembangan sikap terhadap pembelajaran ternyata belum optimal sehingga perlu di tingkatkan melalui penerapan metode yang lain.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran teknik dasar atletik  lanjutan materi lempar lembing gaya cross step melalui penerapan metode Play and games.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui 3 siklus, 1 siklus 1 kali pertemuan dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 37 siswa kelas VIII D di SMP Negeri 13 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) dan tes.

Melalui penerapan metode play and games diharapkan dapat meningkatkan teknik dasar atletik lanjutan materi lempar lembing gaya cross step dari siklus ke siklus. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan siswa dalam melakukan lempar lembing gaya cross step setelah diberikan tindakan dari siklus I dan siklus II hasilnya, keterampilan pembelajaran dari siklus I sebesar 56,09% dengan katagori kurang baik, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan skor keterampilan pembelajaran 75,21% yang tergolong dalam katagori cukup dan siklus III sebesar 82,47 yang tergolong katagori baik.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan menerapkan metode play and games dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran teknik dasar atletik lanjutan khususnya lempar lembing gaya cross step di SMP Negeri 13 Malang. Berdasarkan penelitian ini disarankan  agar pada sekolah-sekolah yang lain dapat menerapkan metode play and games  pada pembelajarannya sehingga proses pembelajaranya dapat menjadi lebih optimal.