SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Hasil Belajar Gerakan Senam Guling Depan dengan Menggunakan Metode Part-Whole pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 5 Kota Probolinggo

DENNIS REZA PAHLEVIN

Abstrak


ABSTRAK

 

Pahlevin, Dennis Reza. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Gerakan Senam Guling Depan dengan Menggunakan Metode Part-Whole pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 5 Kota Probolinggo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sulistyorini, M.Pd, (II) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Senam Guling Depan, Metode Part-Whole.

SMP Negeri 5 Probolinggo adalah salah satu sekolah unggulan di Kota Probolinggo. Sekolah ini memiliki sarana dan prasarana olahraga yang lumayan lengkap seperti adanya lapangan olahraga, matras, serta aula yang biasanya digunakan untuk kegiatan olahraga indoor. Namun ada sebuah permasalahan yang terjadi pada pembelajaran senam guling ke depan terutama untuk kelas VII-A. Berdasarkan observasi awal peneliti diketahui bahwa jumlah siswa untuk kelas VII-A sebanyak 28 siswa, dan rata-rata skor keberhasilan siswa dalam menguasai gerakan senam lantai guling ke depan adalah 54,17% dengan taraf keberhasilan kurang baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti bersama guru pendidikan jasmani sekolah tersebut melakukan penelitian tindakan kelas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan siswa kelas VII-A SMP Negeri 5 Probolinggo yang masih mengalami kesulitan dengan menggunakan metode part-whole.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 5 Probolinggo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan), dokumentasi, tes.

Hasil penelitian ini terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan siswa dalam melakukan senam lantai guling depan setelah diberikan tindakan dari siklus1 dan siklus 2 hasilnya, hasil belajar dari siklus 1 sebesar 73,21% dengan kategori cukup baik dan pada siklus 2 mengalami peningkatan dengan hasil belajar sebesar 95,83% dengan kategori baik.

Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran menggunakan metode part-whole dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran senam guling depan siswa kelas VII-A SMP Negeri 5 Probolinggo. Saran berdasarkan penelitian ini adalah seorang pendidik atau guru pendidikan jasmani harus lebih kreatif dan bervariasi dalam memberi materi pembelajaran agar siswa tertarik dan memperhatikan materi pelajaran yang diberikan, membuat kesepakatan diawal pertemuan, dan memberi sanksi bagi yang melanggar agar proses pembelajaran bisa tetap kondusif dan terkendali.