SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGANMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIFMENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUKPEMBELAJARAN BOLA BASKET DI SMA NEGERI 1 TALUN KABUPATEN BLITAR

THONI ARIYA IRAWAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Irawan,ThoniAriya. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash untuk Permainan Bola Basket di SMA Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo, M.Pd., (2) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci : media pembelajaran interaktif, macromedia flash, bolabasket

Permainan bola basket adalah suatu keterampilan yang tidak bisa dipelajarai dalam waktu singkat. Sedangkan jam pelajaran di dalam pendidikan jasmani dan kesehatan untuk materi permainan, khususnya permainan bola basket, hanya diberikan jatah jam yang sangat sedikit, sehingga proses pembelajaranya dirasa kurang. Hal ini mengakibatkan peserta didik mengalami kesulitan dalam pelaksanaan kegiatan praktekpermainantersebut. Maka dari itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar. Media yang paling cocok dan disukai oleh kebanyakan siswa adalah media yang berbasis komputer. Selain berisi penjelasan teknik dasar yang dilengkapi dengan video, media berbasis komputer ini juga menyajikan tentang informasi-informasi yang lain, yang dibutuhkan oleh peserta didik, di sisilain, SMA Negeri 1 Talunpadasetiapkelassudahdilengkapi LCD proyektor, sehinggasangatmendukungsekaliterhadap media pembelajaranberbasiskomputer.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Macromedia Flash untuk Permainan Bola Basket sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 1 Talun.

Tahap-tahapdalammengembangkan media pembelajaraninteraktifpermainanbolabasketiniadalahsebagaiberikut. (1) Melakukanpenelitianawal (analisiskebutuhan) yang melibatkan 60 siswaSMAN 1 Talun. (2) melakukakanpengkajianteori (perencanaan). (3) Mengembangkanprodukawaldanevaluasiahli yang terdiriahli media, ahlipembelajarandanahlibolabasket yang manaakandijadikanacuanuntukrevisiproduk. (4) Melakukanujicobakelompokkecil yang melibatkan 9siswaSMAN 1 Talun. (5) Revisiprodukawal (dariujicobakelompokkecil). (6) Ujicobakelompokbesar yang melibatkan 30 siswaSMAN 1 Talundanmelakukanrevisi. (7) Produkakhir.

Berdasarkan hasil penelitian awal (analisis kebutuhan)yang peneliti lakukan tentang media pembelajaran apa yang mereka inginkan, dapat diketahui bahwa 6 siswa (10%) memilih buku cetak, 45 siswa (75%) memilih komputer, 38 siswa (63,33%) memilih alat, dan 30 siswa (50%) memilih video, 60 siswa (100%) menyatakan setuju untuk dikembangkan media pembelajaran interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian dari uji cobaproduk kelompok kecil diperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 82,83% dengan kategori “Baik”, sedangkan dari uji cobaproduk kelompok besar juga diperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 96,36% dengan kategori “Baik”. Maka produkyangdikembangkanolehpeneliti berupa media pembelajaraninteraktifpermainanbolabasket layak/dapatdigunakanuntukpembelajaranpendidikanjasmanidankesehatan, khususnyauntukmateripermainanbolabasket.