SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran melompat Berbasis Permainan Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V di SDN Ardimulyo 01 Singosari

RIAN VEBRI SUPARWIANTO

Abstrak


ABSTRAK

 

Rian Vebri S. 2012. Pengembangan Pembelajaran melompat Berbasis Permainan Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V di SDN Ardimulyo 01 Singosari, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Agos Tomi, (II) Dr. Eko Hariyanto.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Model permainan, Melompat

Berdasarkan hasil observasi dengan menggunakan angket dan wawancara  pada tanggal 24 januari 2012 yang dilakukan di SDN Ardimulyo 01 Singosari di peroleh hasil sebagian besar siswa memiliki keterampilan melompat yang kurang baik hal ini disebabkan karena sabagian besar siswa menganggap bahwa pembelajaran lomat jauh membosankan selain itu guru tidak memiliki banyak variasi pembelajaran lompat jauh sehingga selama ini pembelajaran lompat jauh terkesan membosankan. Sebagian besar siswa menyukai aktivitas bermain sehingga guru dituntut mampu merancang pembelajaran melalui pendekatan oleh siswa yaitu bermain.Oleh karena itu perlu adanya pengembangan pembelajaran melompat dengan model permainan untuk siswa sekolah dasar kelas V.

Produk yang dikembangkan berupa buku panduan dengan spesifikasi sabagai berukut: (1) Media pembelajaran berupa buku panduan yang meliputi aktifitas pembelajaran melompat untuk siswa kelas V dalam bentuk permainan yang disertai gambar dan penjelasan. (2) Media pembelajaran ini dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang akan disampaikan. (3) Media pembelajaran dapat menimbulkan gairah belajar siswa.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk membuat mengembangkan pembelajaran melompat dengan pendekatan bermain bagi siswa kelas V SD dalam bentuk buku panduan untuk membantu guru pendidikan jasmani dalam melaksanakan pemelajan yang lebih vareatif dan menyenangkan.

 Penelitian ini merupakan jenis  penelitian dan pengembangan (reseach and devlopment) dengan menggunakan tujuh dari sepuluh langkah prosedur pengembangan oleh Borg and Gall. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan presentase. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari penyebaran angket.

Dari hasil evaluasi uji coba kelompik kecil dengan menggunakan 12 siswa diperoleh persentase 85,8%, dan pada uji coba kelompok besar dengan menggunakan 30 siswa diperoleh persentase 89,37%  sehingga buku panduan melompat untuk kelas V dapat digunakan. Berdasarka hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat yang diberikan di antaranya: sebelum disebarluaskan sebaiknya produk yang telah dikembangkan ini dievaluasi kembali  disesuaikan dengan situasi dan kodisi yang ada. Selaian itu subjek penelitian sabainya diperluas, baik siswa maupun sekolah yang digunakan  sebagai kelompok uji coba.