SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PERATURAN PERMAINAN DAN PERWASITAN TENIS LAPANGAN MENGGUNAKAN ELECTRONIC BOOK UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

SIGIT BAYU UTOMO

Abstrak


ABSTRAK

 

Bayu, Sigit Utomo. 2012. Pengembangan Pembelajaran Peraturan Permainan dan Perwasitan Tenis Lapangan Menggunakan Electronic Book untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S, (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd

 

Kata kunci: pembelajaran, peraturan permainan, perwasitan, scoresheet, electronic book.

Peraturan permainan dan perwasitan merupakan salah satu kompetensi pada matakuliah Teori & Praktek Tenis Lapangan II di jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang. Banyaknya kompetensi yang harus disampaikan pada matakuliah ini, berdampak pada minimnya kesempatan mahasiswa menerima dan memahami penjelasan pada kompetensi peraturan permainan dan perwasitan tenis lapangan. Selain itu pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan di lapangan membuat proses pembelajaran kurang maksimal dan media yang digunakan sangat terbatas.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan pembelajaran peraturan permainan dan perwasitan tenis lapangan menggunakan electronic book, yang diharapkan dapat mempermudah mahasiswa dalam memahami konsep tentang peraturan permainan dan perwasitan tenis lapangan.

Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Langkah-langkah yang dilakukan antara lain; (1) penelitian awal (need assessment), (2) penyusunan rancangan produk awal, (3) rancangan produk dievaluasi oleh para ahli, (4) uji coba (kelompok kecil), (5) revisi tahap I, (6) uji lapangan (kelompok besar), dan (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket , yang digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif pada analisis kebutuhan (need assessment) dan pendekatan kualitatif untuk para ahli, subyek uji coba (kelompok kecil) dan uji lapangan (kelompok besar). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif persentase.

Pengembangan ini dilakukan melalui saran dan evaluasi para ahli, yaitu satu ahli tenis lapangan, satu ahli pembelajaran dan satu ahli media pembelajaran. Berdasarkan analisis data hasil uji coba (kelompok kecil) diperoleh presentase sebesar 89,9% dengan kategori baik, namun tetap dilakukan perbaikan pada bagian-bagian tertentu untuk semakin menyempurnakan produk. Hasil uji lapangan (kelompok besar) diperoleh persentase sebesar 94,2% dengan kategori baik, sehingga tidak dilakukan revisi dan ditetapkan sebagai produk akhir.

Produk akhir dalam pengembangan ini dapat dijadikan media alternatif yang layak digunakan dan memberi kemudahan bagi mahasiswa dalam memahami konsep tentang peraturan permainan dan perwasitan tenis lapangan pada matakuliah Teori & Praktek Tenis Lapangan II di jurusan PJK FIK Universitas Negeri Malang.