SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan pembelajaran gerak dasar lari melalui metode bermain untuk siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Madyopuro 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang

ROBY - KHOMARULLOH

Abstrak


ABSTRAK

 

Pada kompetensi dasar kelas V semester 2 yaitu mempraktikkan variasi teknik dasar atletik yang dimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas, kerjasama, percaya diri dan kejujuran. Pada observasi awal, 35 siswa kelas V SDN Madyouro 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang terdapat kesalahan saat melakukan  yaitu sikap kaki 22 siswa, sikap badan 15 siswa, sikap kepala 14 siswa, sikap lengan 9 siswa. Oleh karena itu perlu adanya pembaharuan metode penyampaian materi yaitu dengan metode bermain yang bertujuan untuk menghindarkan siswa dari rasa bosan dan meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran gerak dasar lari.

Penelitian  ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran gerak dasar  lari melalui  metode  bermain  untuk  siswa  kelas  V  SDN  Madyopuro  2  Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.

Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, tiap siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Madyopuro 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Hasil  penelitian  ini  terbukti  mampu  meningkatkan  keterampilan  siswa, sikap siswa, dan pengetahuan siswa, serta kinerja guru dan suasana akademik dari siklus ke siklus.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  pada  siklus  1  terjadi  peningkatan yaitu pada sikap kaki dari 51,4% menjadi 68,5%, sikap badan dari 65,7% menjadi 80%,  sikap kepala dari 71,4% menjadi 88,5%,  sikap  lengan dari 82,8% menjadi 91,4%.  Siklus  2  pada  sikap  kaki  dari  82,8%  menjadi  94,2%,  sikap  badan  dari 88,5% menjadi 100%, sikap kepala dari 91,4% menjadi 100%, sikap  lengan dari 94,2%  menjadi  100%.  Selain  aspek  psikomotor  didapat  juga  peningkatan mengenai aspek kognitif dan afektif siswa.

Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran gerak dasar lari melalui metode bermain kesimpulannya yaitu mengalami peningkatan yang maksimal. Saran yang diberikan yaitu apabila pembelajaran gerak dasar lari menggunakan metode bermain maka hasil belajar siswa, hasil kinerja guru dan suasana akademik dapat meningkat. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian yang sama, diharapkan dapat mengembangkan lagi permainan-permainan olahraga untuk diterapkan pada pembelajaran pendidikan jasmani.