SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Lari Sambung Teknik Downsweep dengan Pendekatan Bermain dan Berlomba di Kelas VIII D SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar

FARIS LABIB AL HAKAM

Abstrak


ABSTRAK

 

Al Hakam, Faris Labib. 2012. Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Lari Sambung Teknik Downsweep dengan Pendekatan Bermain dan Berlomba di Kelas VIII D SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mardianto, M.Kes, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: aktivitas siswa, pembelajaran lari sambung teknik downsweep, bermain, berlomba.

Olahraga cabang atletik diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Lari sambung adalah salah satu nomer lari dari cabang atletik. Melalui pembelajaran lari sambung, diharapkan siswa lebih aktif, paham terhadap materi dan terampil dalam penguasaan. Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran lari sambung teknik downsweep di SMP Negeri 1 Wlingi masih kurang optimal. Siswa masih banyak yang kurang menguasai gerakan, tidak memperhatikan dan tidak aktif di dalam pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran lari sambung teknik downsweep setelah melakukan bermain dan berlomba. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar dengan jumlah sampel 32 siswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran lari sambung teknik downsweep di kelas VIII D SMP Negeri 1 Wlingi mengalami peningkatan. Hasil tindakan siklus 1 dari (1) penguasaan gerak dalam pembelajaran sebesar 53,39%, (2) keaktifan dalam pembelajaran sebesar 58,06%, (3) orientasi bermain untuk belajar sebesar 63,55%, dengan rata-rata 58,33% yang termasuk dalam kategori cukup. Hasil tindakan siklus 2 dari (1) penguasaan gerak dalam pembelajaran sebesar 78,43%, (2) keaktifan dalam pembelajaran sebesar 76,04%, (3) orientasi bermain untuk belajar sebesar 82,81%, dengan rata-rata 79,09% yang termasuk dalam kategori baik.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lari sambung teknik downsweep dengan pendekatan bermain dan berlomba dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran lari sambung teknik downsweep di kelas VIII D SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar.