SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Tolak Peluru Menggunakan Gaya Mengajar Inklusi Untuk Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Malang

Rendra wahyu pradana

Abstrak


ABSTRAK

 

Pradana, Rendra, Wahyu. 2012. Pengembangan Pembelajaran Tolak Peluru Menggunakan Gaya Mengajar Inklusi Untuk Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:   (I) Dr. H. Asim, M.Pd, (II) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Pembelajaran Tolak Peluru, gaya mengajar inklusi.

Mata pelajaran pendidikan jasmani di sekolah masih menggunakan gaya mengajar yang monoton atau masih terpusat pada guru. Dari pembelajaran ini siswa tidak diberi kesempatan untuk berlatih pada tingkat kemampuan mereka sendiri. Untuk itu diperlukan suatu gaya mengajar yang sesuai dengan keterampilan yang dimiliki siswa. Gaya mengajar inklusi memberikan kesempatan kepada siswa untuk memulai latihan pada tingkat kemampuan sendiri serta dapat menilai dirinya sendiri sehingga membuat pembelajaran pendidikan jasmani.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan materi pembelajaran tolak peluru menggunakan gaya mengajar inklusi untuk siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Malang.

Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan Research and Development yang dikemukakan oleh Borg dan Gall (1983). Langkah-langkah penelitian adalah sebagai berikut: (1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi termasuk kajian pustaka dan analisis kebutuhan, (2) Mengembangkan bentuk produk awal, (3) Evaluasi ahli dengan kualifikasi yaitu, ahli pembelajaran pendidikan jasmani, ahli atletik tolak peluru, ahli media pembelajaran, dan uji coba (kelompok kecil), (4) Revisi produk awal (sesuai dari hasil evaluasi para ahli dan uji coba), (5) Uji coba lapangan, dengan mengujicobakan hasil revisi produk awal, (6) Revisi produk akhir (sesuai dari hasil uji lapangan), (7) Hasil akhir, produk pengembangan pembelajaran tolak peluru menggunakan gaya mengajar inklusi untuk siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Malang.

Hasil penilaian atau evaluasi pembelajaran ini yaitu sebagai berikut: dari ahli pembelajaran pendidikan jasmani yaitu 75% (baik), dari ahli atletik tolak peluru yaitu 75% (baik), dari ahli media pembelajaran yaitu 75% (baik), dari uji coba (kelompok kecil) siswa yang mengawali: level I yaitu 82,9% (baik), level II yaitu 89,6% (baik), level III yaitu 96,2% (baik), level IV yaitu 75% (baik) dan dari uji lapangan (kelompok besar) siswa yang mengawali: level I yaitu 85,8% (baik), level II yaitu 91,8% (sangat baik), level III yaitu 96,2% (sangat baik), dan level IV yaitu 75% (baik).

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan pembelajaran tolak peluru menggunakan gaya mengajar inklusi ini menyenangkan dan mudah dilakukan siswa serta dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan keterampilan atletik tolak peluru. Produk yang dihasilkan berupa pembelajaran tolak peluru menggunakan gaya mengajar inklusi.