SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran gerak dasar lompat melalui metode play and games pada siswa kelas I SDN Karangasem I Kecamatam Lumbang Kabupaten Pasuruan

Erin nur Dwihartati

Abstrak


ABSTRAK

 

Dwihartati, Erin Nur. 2012. “Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran gerak dasar lompat melalui metode play and games pada siswa kelas I SDN Karangasem I Kecamatam Lumbang Kabupaten Pasuruan”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes., (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd

 

Kata kunci: Metode play and games, siswa aktif, pembelajaran lompat

Lompat merupakan salah satu cabang atletik yang diajarkan di sekolah dasar. Sesuai dengan KTSP yang berlaku tahun 2011-2012 terpantau agar siswa aktif dalam melaksanakan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan diperoleh informasi bahwa masih ada siswa yang belum aktif dalam melakukan pembelajaran gerak dasar lompat. Terlihat dari pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan di SDN Karangasem I Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan guru dikjas belum menerapkan metode play and games tetapi masih sering menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan materi dan modelling untuk memberikan contoh kepada siswa. Peneliti menyadari adanya perbedaan tingkat pemahaman dan tingkat penerapan informasi pada setiap siswa yang nantinya akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran dengan menggunakan metode  play and games. Salah satu ciri pembelajaran dengan menggunakan metode play and games adalah siswa senang dan banyak bergerak. Dengan proses pembelajaran tersebut siswa diharapkan dapat lebih aktif dalam pembelajaran gerak dasar lompat sehingga hasil belajar meningkat.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lompat kelas I SDN Karangasem I Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan menggunakan metode play and games.

Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan 4 tahap yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti, ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani, guru Pendidikan Jasmani lain dan siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 mengalami peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran gerak dasar lompat. Keaktifan siswa yang semula masih lemah mengalami peningkatan keaktifan dalam melakukan pembelajaran gerak dasar lompat, tetapi pada siklus ini masih perlu adanya perbaikan untuk memaksimalkan keaktifan siswa dan kelemahan pada siklus ini dijadikan bahan untuk melaksanakan siklus berikutnya yaitu siklus 2

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa PTK dengan metode play and games dan variasi pembelajaran yang diberikan oleh guru dikjas dalam siklus ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran gerak dasar lompat kelas I SDN Karangasem I Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan. Saran bagi guru dikjas yang mengalami hambatan dalam pembelajaran gerak dasar lompat dapat menggunakan metode dalam penelitian ini.