SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keaktifan Siswa pada Ranah Afektif dalam Pembelajaran Tolak Peluru Melalui Metode Bermain pada Siswa Kelas VI di SDN Cukurgondang I Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan

KHAIDAR ROBBI

Abstrak


ABSTRAK

 

Robbi, Khaidar. 2011. Peningkatan Keaktifan Siswa pada Ranah Afektif dalam Pembelajaran Tolak Peluru Melalui Metode Bermain pada Siswa Kelas VI di SDN Cukurgondang I Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra,M.S (II) Drs. Lokananta Teguh Hari Wiguno, M. Kes.

 

Kata kunci : metode bermain, siswa aktif, pembelajaran Tolak Peluru

Tolak Peluru merupakan salah satu cabang atletik yang diajarkan di sekolah dasar. Berdasarkan hasil data observasi awal yang dilakukan, diperoleh data bahwa masih banyak siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran.

Pembelajaran Tolak Peluru di SD Negeri Cukurgondang I Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan masih sering menggunakan metode ceramah dan demonstrasi untuk menyampaikan materi serta memberikan contoh kepada siswa. Dengan metode ceramah dan demonstrasi banyak siswa yang tidak serius dalam mengikuti pelajaran. Mereka kebanyakan asyik bermain sendiri tanpa memperhatikan guru yang sedang berceramah di depan kelas. Untuk itu, dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain. Pembelajaran dengan metode ini mempunyai ciri yaitu siswa merasa senang,   bersemangat dan tekun dalam mengikuti pembelajaran. Dengan metode ini diharapkan semua siswa dapat lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran Tolak Peluru.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa pada ranah afektif dalam mengikuti pembelajaran Tolak Peluru di kelas VI SD Negeri Cukurgondang I. Dan diharapkan pula pembelajaran ini akan lebih menarik dan dapat berhasil dilaksanakan oleh peneliti.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari satu pertemuan dengan 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Cukurgondang I. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan.

Hasil observasi awal pada penelitian ini menunjukkan ketidak tuntasan pada pembelajaran Tolak Peluru yang ditunjukkan dengan indikator senang 69,33%, semangat 20% dan tekun hanya 20%.  Namun setelah pertemuan I dan II dapat diketahui  peningkatan keaktifan yang sangat berarti bagi guru pendidikan jasmani yaitu indikator senang dari 69,33% menjadi 82,66%, semangat 70,66% menjadi 80%, tekun dan 72,66% menjadi 84%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan bagi guru Pendidikan Jasmani di SD bahwa metode bermain dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran Tolak Peluru dan dapat disimpulkan  bahwa dengan metode bermain dan penerapan bentuk-bentuk permainan dapat meningkatkan keaktifan siswa pada ranah afektif kelas VI di SD Negeri Cukurgondang I Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan.