SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Guling Depan Melalui Metode PAKEM Untuk Siswa Kelas VI SDN Gejugjati I Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan

Endang Purwaningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Guling depan merupakan bagian dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Rekreasi yang diberlakukan di Sekolah Dasar. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti dengan teman sejawat saat pembelajaran senam lantai guling depan yang dilakukan terhadap siswa kelas VI SDN Gejugjati I Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan, terdapat siswa yang belum berhasil melakukan guling depan. Hal itu tentunya menuntut pembelajaran lebih ditingkatkan, untuk memenuhi hasil belajar lebih baik dilakukan pembelajaran melalui metode PAKEM.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan efektivitas pembelajaran guling depan melalui metode PAKEM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif  kualitatif dan kuantitatif sedangkan rencana yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan tahapan observasi, siklus 1, dan siklus 2. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, sedangkan siswa kelas VI sebagai subjek penelitian.

Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada pembelajaran guling depan melalui metode PAKEM siswa kelas VI SDN Gejugjati I Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan tahun ajaran 2011/2012 semester ganjil dengan jumlah siswa 34 dapat meningkatkan efektivitas siswa dalam pembelajaran guling depan melalui metode PAKEM, berdasarkan observasi siklus I efektivitas pada indikatar keaktifan, prakarsa dan senang siswa dalam pembelajaran guling depan didapatkan skor rata-rata 72,55% dengan taraf keberhasilan cukup baik dan pada siklus II skor efektivitas meningkat menjadi 93,63% dengan taraf keberhasilan baik.

Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas ini dengan upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran guling depan melalui metode PAKEM yang dilakukan oleh guru dapat meningkatkan hasil belajar guling depan di SD tersebut. Hal itu bisa di lihat peningkatan persentase siswa yang tuntas belajar secara individu dan secara klasikal dari sebelum dan sesudah dilakukan PTK.

Saran dari penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani menggunakan metode PAKEM dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa senang dan rasa percaya. Dengan demikian proses pembelajaran dapat tercapai.