SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Teknik Dasar Passing Bawah Bolavoli Melalui Pengajaran Remidial pada Siswa Kelas VI SDN Gejugjati I Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan

Fika Yoga Pamungkas

Abstrak


ABSTRAK

 

Permainan bolavoli merupakan bagian dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang diberlakukan di SD. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti dengan teman kolaborasi saat pembelajaran teknik dasar passing bawah bolavoli yang dilakukan terhadap siswa kelas VI di SDN Gejugjati I Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan, hasil teknik dasar passing bawah bolavoli kurang memenuhi KKM di sekolah tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki dan meningngkatkan efektivitas pembelajaran teknik dasar passing bawah bolavoli melalui pengajaran remidial dengan pendekatan metode perbagian (part-whole).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif sedangkan rencana yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan observasi awal, siklus I, siklus II. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, sedangkan siswa kelas VI sebagai subyek penelitian. Waktu penelitian adalah Oktober-Desember 2011.

Dari hasil penelitian pada siklus I skor efektivitas pada indikator kerjasama 70,59% degan kategori cukup baik meningkat menjadi 91,18% dengan kategori baik dan tanggungjawab 73,53% dengan kategori cukup baik meningkat menjadi 94,12% baik pada siklus II, serta pada ranah psikomotor pada siklus I yang tuntas dalam pembelajaran passing bawah bolavoli sebanyak 26 siswa atau 76,47% meningkat menjadi 32 siswa atau 94,12% pada siklus II.

Kesimpulan  Penelitian Tindakan Kelas pembelajaran remidial melalui metode perbagian (part-whole) yang diberikan oleh guru dapat meningkatkan efektifvitas pada proses pembelajaran dan gerakan teknik dasar passing bawah bolavoli. Keberhasilan tersebut karena penerapan metode perbagian (part-whole) hasil penilaian teknik dasar passing  bawah bolavoli sebelum dan sesudah dilakukan PTK di atas dapat di lihat bahwa adanya peningkatan jumlah siswa yang nilainya melampaui KKM yang semula belum memenuhi KKM yang diberlakukan di sekolah tersebut serta meningkatnya efektivitas pembelajaran passing bawal bolavoli.

Saran dari penelitian ini adalah guru Dikjasorkes diharapkan lebih kreatif dan bervariasi lagi dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa senang dan rasa percaya diri. Dengan demikian proses pembelajaran dapat tercapai. Penagajaran remidial melalui metode perbagian (part-whole) ini hendaknya dikembangkan pada pembelajaran dan pada cabang olahraga yang lain sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani.