SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Dalam Bentuk Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Kompetensi Dasar Renang Gaya Bebas Dan Gaya Dada Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kepanjen

Inggit Kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Aktivitas air merupakan salah satu ruang lingkup mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di Sekolah Menengah Atas (SMA). Keterampilan renang merupakan salah satu kompetensi dasar yangh diajarkan pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X di SMA Negeri 1 Kepanjen. Dalam kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 1 Kepanjen kompetensi dasar renang, guru mengajar 1 kali pertemuan di kelas dan 1 kali pertemuan praktik. Dalam menyampaikan materi di dalam kelas, guru hanya menjelaskan secara verbal dan memberikan sedikit gambaran gerakan renang. Dengan didukung media berupa buku ajar terkadang siswa masih kurang mengerti dengan materi yang dijelaskan guru karena siswa hanya dapat membayangkan gerakan renang dari penjelasan guru dan gambar yang ada pada buku ajar. Oleh karena itu perlu dikembangkan media yang mampu memberikan gambaran yang nyata dan menyeluruh dalam bentuk multimedia interaktif, sehingga diharapkan dapat membantu memudahkan siswa untuk mengerti materi yang dipelajari.  

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer dalam bentuk multimedia interaktif pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan khususnya kompetensi dasar renang gaya bebas dan gaya dada yang diharapkan dapat membantu mengoptimalisasi pembelajaran siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kepanjen.

Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi model yang sederhana yaitu: 1) menentukan potensi dan masalah penelitian; (2) mengumpulkan informasi, (a) mengkaji bahan pustaka, (b) analisis kebutuhan; (3) mendesain produk dan validasi desain, (a) uji ahli media (1 orang), (b) uji ahli renang (1 orang), (c) uji ahli pembelajaran (1 orang); (4) uji coba (kelompok kecil pada 9 siswa kelas X SMA Negeri 1 Kepanjen); (5) merevisi hasil uji coba (6) uji lapangan (kelompok besar pada 45 siswa kelas X SMA Negeri 1 Kepanjen); (7) produk akhir pengembangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

Hasil tinjauan para ahli, dari ahli media menyatakan bahwa secara keseluruhan sudah bagus, namun hendaknya musik diberi pilihan beat atau tempo lambat atau sedang atau tinggi, video sebaiknya disertai dari mana video diperoleh, kontrol suara hendaknya tidak memakai persentase tetapi memakai slider. Tinjauan ahli renang menyatakan bahwa seluruh aktivitas dan konsep materi dalam multimedia interaktif sudah sesuai dengan konsep yang sebenarnya, namun peraturan pertandingan hendaknya diberi sumber. Dan yang terakhir yaitu tinjauan ahli pembelajaran menyatakan secara keseluruhan sudah bagus. Dari seluruh hasil tinjauan para ahli tersebut, maka dinyatakan bahwa produk yang dikembangkan sudah baik dan dapat digunakan untuk uji produk. Dari hasil uji coba (kelompok kecil) diperoleh bahwa seluruh aspek dalam pengembangan multimedia interaktif kompetensi dasar renang gaya bebas dan gaya dada untuk siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kepanjen tersebut telah memenuhi kriteria baik yaitu antara 76%-100%. Sedangkan hasil uji lapangan (kelompok besar) diperoleh bahwa seluruh aspek dalam pengembangan multimedia interaktif kompetensi dasar renang gaya bebas dan gaya dada untuk siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kepanjen tersebut telah memenuhi kriteria baik yaitu antara 80-100%.

Berdasarkan hasil  uji coba (kelompok kecil) dan uji lapangan (kelompok besar), maka diperoleh bahwa produk pengembangan multimedia interaktif kompetensi dasar renang gaya bebas dan gaya dada untuk siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kepanjen tersebut telah memenuhi kriteria baik yaitu antara 76%-100%, sehingga dapat digunakan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari para ahli, uji coba (kelompok kecil), maupun uji lapangan (kelompok besar), maka multimedia interaktif kompetensi dasar renang gaya bebas dan renang gaya dada untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Kepanjen ini dapat dipergunakan sebagai media belajar.