SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLAVOLI MENGGUNAKAN MODEL BERMAIN DENGAN MEMANFAATKAN TUTOR SEBAYA(PEER LEARNING) SISWA KELAS X TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK PGRI SINGOSARI

akhmad catur

Abstrak


ABSTRAK

 

Catur, Akhmad. 2012. Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bolavoli Menggunakan Model Bermain Dengan Memanfaatkan Tutor Sebaya (peer learning) Siswa Kelas X Teknik Otomasi Industri SMK PGRI Singosari. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mardianto, M.Kes, (II) Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd.

 

Kata kunci: Peningkatan, Keterampilan, Passing Bawah Bolavoli, Tutor Sebaya, Pendekatan Bermain.

Passing bawah bolavoli dalam penjas disebutkan pada Kompetensi Dasar 1.1 “Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)”. Hasil praktek pembelajaran Penjas di SMK PGRI Singosari belum maksimal, hal ini dapat dilihat dari hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan passing bawah bolavoli siswa kelas X Teknik Otomasi Industri  ternyata kesalahan yang muncul adalah pada perkenaan bola (impact) dan proses pembelajaran yang membosankan. Jumlah siswa kelas X TOI ini adalah 22 siswa, dari dari 22 siswa 7 (32%) siswa salah dalam melakukan kuda-kuda kaki, 6 (27%) siswa salah dalam melakukan Sikap Badan, 10 (45%) siswa salah dalam melakukan perkenaan bola (impact) dan 9 (41%) siswa salah dalam melakukan sasaran/arah bola. Oleh karena itu perlu adanya penyampaian materi dengan metode baru yaitu menggunakan model bermain dengan memanfaatkan tutor sebaya (peer learning) yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Penjas.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan  passing bawah bolavoli siswa kelas X TOI di SMK PGRI Singosari menggunakan model bermain dengan memanfaatkan tutor sebaya (peer learning).Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas X TOI SMK PGRI Singosari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengamatan.

Hasil penelitian ini terbukti meningkatkan keterampilan siswa dari tiap pertemuan. hasil observasi awal (pree-test I) dari keempat aspek keterampilan passing bawah bolavoli yang dinilai dengan jumlah skor 88 dari 22 siswa mendapatkan hasil/skor 56 dengan jumlah persentase 64%, pada hasil pelaksanaan siklus I (post-test I) dari keempat aspek keterampilan passing bawah bolavoli yang dinilai dengan jumlah skor 88 dari 22 siswa mendapatkan hasil/skor 74 dengan jumlah persentase 84%. pada hasil pelaksanaan siklus II (post-test II) dari keempat aspek keterampilan passing bawah bolavoli yang dinilai dengan jumlah skor 88 dari 22 siswa mendapatkan hasil/skor 86 dengan jumlah persentase 98%, dan suasana akademik yaitu Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) tercipta dengan adanya siswa yang merasa senang dengan metode pembelajaran dan model permainan yang diberikan

Peneliti menyimpulkan bahwa model bermain dengan memanfaatkan tutor sebaya (peer learning) dapat meningkatkan keterampilan passing bawah bolavoli pada siswa kelas X TOI SMK PGRI Singosari. Dan memberi saran bagi guru penelitian ini bermanfaat sebagai pedoman mengajar dalam memberikan materi passing bawah bolavoli dan bagi sekolah dapat dimanfaatkan dalam mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan, dan bagi peneliti penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber referensi bagi mahasiswa yang melakukan penelitian.