SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Servis Bawah Bolavoli Mini Menggunakan Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebonrejo 1 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri

adhi wintoko

Abstrak


ABSTRAK

 

Wintoko, Adhi. 2012. Peningkatan Keterampilan Servis Bawah Bolavoli Mini Menggunakan Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebonrejo 1 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata kunci: Peningkatan, Keterampilan, Servis Bawah Bolavoli Mini, Pendekatan Bermain.

Servis adalah pukulan yang dilakukan dari belakang garis akhir lapangan permainan melewati net dan masuk  ke daerah lawan. Servis bawah merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bolavoli. Dalam melakukan teknik dasar servis bawah terdapat indikator-indikator gerakan yang perlu diperhatikan antara lain: posisi kaki, posisi tangan, posisi tubuh, impact bola, hasil pukulan. Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan servis bawah bolavoli mini siswa kelas V SDN Negeri Kebonrejo 1 ternyata masih banyak kesalahan yang muncul di lapangan. Siswa merasa takut, merasa sakit, siswa tidak bisa menguasai teknik servis bawah masih banyak siswa yang kurang sempurna dalam melakukan gerakan servis bawah, siswa mengalami kesulitan pada indikator impact bola tidak tepat pada bagian belakang telapak tangan, siswa memukul bola menggunakan telapak tangan bagian depan sehingga bola tidak dapat menyeberang melewati net.  Jumlah siswa kelas V SDN Negeri Kebonrejo 1 adalah 27 siswa, 13 diantaranya laki-laki dan 14 siswa perempuan, dari hasil observasi yang telah diperoleh 11 siswa mengalami kesulitan pada waktu posisi kaki, 12 siswa mengalami kesulitan pada waktu posisi tangan, 13 siswa mengalami kesulitan pada waktu posisi tubuh, 21 siswa mengalami kesulitan pada waktu impact bola, dan 21 siswa mengalami kesulitan pada waktu hasil pukulan. Oleh karena itu perlu adanya metode pembelajaran yang baru untuk meningkatkan indikator servis bawah bolavoli mini dengan menggunakan pendekatan bermain.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan servis bawah bolavoli mini siswa kelas V SD Negeri Kebonrejo 1 dengan menggunakan pendekatan bermain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD   Negeri Kebonrejo 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan).

Hasil penelitian menggunakan pendekatan bermain keterampilan servis bawah bolavoli mini pada siswa kelas V SD Negeri Kebonrejo 1 setelah diberi tindakan pada siklus 1 dan siklus 2 adalah sebagai berikut: dari 27 siswa ada 27 atau sejumlah 100% siswa yang mampu melakukan gerakan dengan benar pada indikator  posisi kaki salah satu kaki maju ke depan di buka selebar bahu dan berlawanan dengan tangan yang digunakan untuk memukul, 25 siswa atau sejumlah 92,59% siswa yang mampu melakukan gerakan dengan benar pada indikator posisi tangan pegang bola setinggi pinggang atau lebih rendah, pegang bola di depan tubuh, 26 siswa atau sejumlah 96,29% siswa yang mampu melakukan gerakan dengan benar pada indikator posisi tubuh posisi badan agak condong ke depan, 25 siswa atau sejumlah 92,59% siswa yang mampu melakukan gerakan dengan benar pada indikator impact bola ayunkan lengan ke belakang, pindahkan berat badan ke kaki belakang, ayunkan lengan ke depan, pindahkan berat badan ke kaki depan, pukul bola dengan pergelangan tangan terbuka, pukul bola pada bagian tengah belakang tangan, 26 siswa atau sejumlah 96,29% siswa yang mampu melakukan gerakan dengan benar pada indikator hasil pukulan bola melewati net dan masuk ke dalam lapangan permainan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan ketrampilan servis bawah bolavoli mini pada siswa kelas V SD Negeri Kebonrejo 1.  Saran berdasarkan penelitian ini: (1) Bagi guru pendidikan jasmani penelitian ini bermanfaat sebagai pedoman untuk menentukan dan memilih pembelajaran yang lebih baik dan bervariasi untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah bolavoli mini, (2) bagi peneliti yang lain bisa dijadikan referensi untuk meningkatkan keterampilan servis bawah bolavoli dengan mengembangkan metode bermain yang lebih bervariasi agar siswa tidak jenuh pada saat pembelajaran.