SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbaikan Gerak Melayang pada Lompat Jauh Gaya Menggantung Melalui Metode Bermain dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kelas IV SDN Asrikaton II Kecamatan Pakis Kabupaten Malang

Eka Asih Sari

Abstrak


Lompat jauh merupakan suatu gerakan melompat menggunakan tumpuan satu kaki untuk mencapai hasil jarak terjauh. Pembelajaran lompat jauh di sekolah umumnya belum berjalan dengan lancar, demikian pula yang terjadi pada kelas IV SDN Asrikaton II Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Hal tersebut dikarenakan banyak faktor, salah satu di antaranya penerapan metode pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa.

Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan lompat jauh gaya menggantung siswa kelas IV SDN Asrikaton II Kecamatan Pakis Kabupaten Malang dapat dikatakan kurang baik karena dari keempat teknik dasar yang diamati, yaitu awalan, tumpuan, saat melayang, dan saat mendarat persentase kesalahan masih banyak terlihat pada teknik saat melayang yaitu 90,33%. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki gerak melayang pada lompat jauh gaya menggantung dengan metode bermain. Metode bermain digunakan agar siswa tidak bosan selama pembelajaran lompat jauh gaya menggantung.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui tes praktik lompat jauh gaya menggantung, observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Penelitian tindakan kelas terdiri dari siklus-siklus yang saling berhubungan di mana pada tiap-tiap siklus terdiri dari tahap-tahapan: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan (observasi), dan 4. Refleksi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah melakukan pembelajaran dengan  metode bermain terjadi perbaikan pada keterampilan gerak melayang siswa selama mengikuti pembelajaran lompat jauh dari tiap siklus. Siklus 1 terdiri dari 3 pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 2 pertemuan. Pada siklus 1 dari aspek sikap badan saat melayang yang melakukan dengan benar sebesar 41,9%. Hasil siklus 2 menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan lompat jauh khususnya pada gerak melayang di udara dengan keberhasilan dari aspek sikap badan saat melayang yang melakukan dengan benar sebesar 90,3%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan bagi guru Pendidikan Jasmani di SDN Asrikaton II agar dapat menggunakan metode bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga, dan kesehatan. Metode bermain dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran lompat jauh gaya menggantung khususnya pada gerak melayang di udara karena  berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode bermain dapat memperbaiki gerak melayang pada lompat jauh gaya menggantung siswa kelas IV SDN Asrikaton II Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.