SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Pembelajaran Teknik Dasar Lanjutan Serangan Pencak Silat untuk Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 10 Malang.

Nurul Afifah

Abstrak


Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang dilakukan pada tanggal 15 Januari 2012 di SMP Negeri 10 Malang yang berkaitan dengan masalah pengembangan buku ajar pembelajaran teknik dasar lanjutan serangan pencak silat untuk siswa kelas VII semester II SMP Negeri 10 Malang dapat diketahui bahwa pembelajaran pencak silat disajikan di kelas VII, akan tetapi pembelajaran yang diberikan kurang sesuai karena materi yang diberikan tidak didukung oleh sumber yang berupa buku ajar, sehingga perlu adanya keberlanjutan pengembangan dalam bentuk buku ajar pada semester II. Berdasarkan penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dapat diperoleh kesimpulan bahwa penyampaian materi  pencak silat jarang diberikan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku ajar pembelajaran teknik dasar lanjutan serangan pencak silat untuk siswa kelas VII semester II di SMP Negeri 10 Malang sehingga dapat membantu dan mempermudah dalam penyampaian materi praktik pencak silat yang ada dalam mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Metode yang digunakan penelitian ini adalah pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi lebih sederhana yaitu: (1) mengumpulkan informasi: (a) mengkaji bahan pustaka, (b) analisis kebutuhan; (2) mendesain produk; (3) validasi desain; (4) revisi I; (5) uji coba tahap I; (6) revisi II; (7) Uji coba tahap II; (8) produk akhir.

Berdasarkan hasil evaluasi ahli pencak silat diperoleh persentase 88%, ahli pendidikan jasmani 87%, ahli media 85% dan uji tahap I (8 siswa) diperoleh persentase 86,1% , dan pada uji tahap II (38 siswa) diperoleh persentase 87,2% sehingga panduan pembelajaran teknik dasar serangan pencak silat untuk siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang dapat digunakan.

Pengembangan buku ajar pembelajaran teknik dasar lanjutan serangan pencak silat dapat digunakan sebagai sumber belajar yang berguna untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa dalam pembelajaran pencak silat. Selain itu, disarankan subjek penelitian lebih luas lagi tidak hanya pada satu sekolah tetapi pada beberapa sekolah yang lain.