SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Kecepatan Reaksi Melalui VCD untuk Kiper Futsal di Sekolah Futsal Bina Harapan Setia (BHS) Malang

Siti Humairous Zakyyah

Abstrak


Futsal merupakan olahraga dengan permainan yang cepat, waktu yang pendek, dan ruang gerak yang sempit. Oleh karena itu, intensitas terjadinya gol dalam futsal akan semakin tinggi. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dibutuhkan kiper yang mempunyai kecepatan reaksi yang tinggi untuk menangkap atau menepis bola agar tidak masuk ke gawang. Kenyataan yang ada di lapangan, rata-rata kiper futsal di sekolah futsal Bina Harapan Setia (BHS) Malang mempunyai kecepatan reaksi yang kurang yaitu berkisar antara 0.401 detik – 0.500 detik. Oleh karena itu, dibutuhkan model latihan yang dapat meningkatkan kecepatan reaksi kiper futsal.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model latihan kecepatan reaksi melalui VCD untuk kiper futsa di Sekolah futsal Bina Harapan Setia (BHS) Malang sehingga dapat membantu pelatihan dan meningkatkan kecepatan reaksi kiper futsal di Sekolah futsal Bina Harapan Setia (BHS) Malang.

Metode penelitian dan pengembangan dalam model latihan kecepatan reaksi melalui VCD untuk kiper futsal ini yaitu Research and Development. Tahap-tahap dalam melakukan penelitian dan pengembangan ini yaitu: (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data awal termasuk kajian pustaka dan analisis kebutuhan, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi ahli dengan menggunakan 2 ahli kepelatihan futsal dan 1 ahli media, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk awal sesuai dengan kegiatan uji coba kelompok kecil, (6) uji coba lapangan atau kelompok besar, (7) revisi produk sesuai dengan kegiatan uji coba kelompok besar, (8) hasil akhir produk pengembangan dari revisi produk akhir. Penelitian ini dilakukan di sekolah futsal Bina Harapan Setia (BHS) Malang. Subjek uji coba terdiri dari (1) tinjauan ahli yang terdiri dari 2 orang ahli kepelatihan futsal dan 1 orang ahli media, (2) uji coba kelompok kecil sebanyak 7 kiper futsal di sekolah futsal Bina Harapan Setia (BHS) Malang yang diambil secara random sampling, (3) uji coba kelompok besar sebanyak 14 kiper futsal di sekolah futsal Bina Harapan Setia (BHS) Malang.

Hasil pengembangan produk ini yaitu 15 macam model latihan kecepatan reaksi untuk kiper futsal. Selain itu, berdasarkan tinjauan terhadap rancangan produk disimpulkan bahwa rancangan produk telah sesuai dan dapat diproduksi menjadi VCD model latihan dan layak digunakan dalam uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Uji coba kelompok kecil menggunakan 7 kiper futsal dengan hasil 84.01% dan uji coba kelompok besar menggunakan 14 kiper futsal dengan hasil 90.99%. Oleh karena itu, produk model latihan kecepatan reaksi melalui VCD untuk kiper futsal telah memenuhi kriteria dan semua isi dapat digunakan dalam kegiatan latihan kiper futsal di sekolah futsal Bina Harapan Setia (BHS) Malang.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar dilakukan uji coba secara berulang-ulang pada subjek yang lebih besar dan diharapkan dapat disosialisasikan kepada sekolah atau klub futsal lain yang ada di sekitar tempat pengembangan produk. Selain itu, produk ini diharapkan dikembangkan ke arah lebih lanjut.