SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) Materi Kebugaran Jasmani untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Grati Kabupaten Pasuruan.

dwi wulandari

Abstrak


Pendidikan merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan pada peserta didik agar mampu mengembangkan kemampuan dan potensi yang ada pada dirinya. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani yang efektif, sumbangan yang paling nyata adalah guru diharapkan mengembangkan model-model mengajarnya demi keberhasilan tujuan pembelajarannya. Semakin variatif model yang digunakan guru maka semakin banyak peran siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif team games tournament (TGT).

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar pembelajaran materi kebugaran jasmani menggunakan model pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT) untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Grati Kabupaten Pasuruan, sehingga siswa dapat belajar materi kebugaran jasmani tanpa merasa bosan dan capek.

Rancangan penelitian ini peneliti mengacu pada model pengembangan (research and development) Borg and Gall. Dari sepuluh langkah yang ada beberapa dimodifikasi oleh peneliti sesuai kebutuhan. Langkah-langkah yang diambil (1) Analisis kebutuhan dan observasi lapangan, (2) Pembuatan produk awal, (3) Evaluasi ahli, (4) Uji coba kelompok kecil dengan mengguanakn 12 subjek, (5) Revisi produk awal, (6) Uji coba kelompok besar dengan menggunakan 30 subjek, (7) Revisi produk akhir dan hasil akhir pengembangan.

Dari penelitian dan pengembangan serta prosedur yang dilakukan di atas, dihasilkan produk yaitu model pembelajaran kooperatif team games tournament (TGT) materi kebugaran jasmani untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Grati Kabupaten Pasuruan dengan spesifikasi : (1) Model pembelajaran menggunakan 3 komponen kebugaran jasmani, yaitu kekuatan, keseimbangan, dan kelincahan yang dibagi menjadi 3 pos, (2) Masing-masing pos terdiri 4 macam permainan yang akan diturnamenkan, (3) Pemberian penghargaan untuk tim yang memperleh nilai tertinggi.

Berdasarkan hasil uji ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar disimpulkan model pembelajaran kooperatif team games tournament (TGT) materi kebugaran jasmani untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Grati Kabupaten Pasuruan ini bermanfaat, menarik dan menyenangkan. Sebagai upaya penyebarluasan produk yang telah dikembangkan ke sasaran yang lebih luas sebaiknya produk yang telah dikembangkan ini dievaluasi kembali disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.